Kembali Tarung di Makassar, Appi Janji Pulihkan Ekonomi dengan UMKM

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Senin, 24 Agu 2020 16:34 WIB
Deklarasi Appi-Rahman di Makassar (dok. Istimewa).
Foto: Deklarasi Appi-Rahman di Makassar (dok. Istimewa).
Makassar -

Bakal calon wali kota Makassar Munafri Arifuddin (Appi) bersama bakal calon wakilnya Abdul Rahman Bando kembali akan bertarung di Pilwalkot Makassar 2020 dengan rekomendasi Demokrat, PPP, Perindo, dan PSI. Appi berjanji akan memulihkan ekonomi Makassar pasca pandemi dengan UMKM.

"Di era pandemi ini, ketika ekonomi terseok, pelayanan publik tersendat, fasum dan fasos terbatas, anggaran terpotong sana-sini, lingkungan tercemar, budaya lokal semakin sirna," kata Appi dalam keterangannya di Makassar, Senin (24/8/2020).

Appi menyebut dampak pandemi virus Corona (COVID-19) sangat dirasakan secara ekonomi oleh kelompok rentan. Termasuk para siswa di panti asuhan yang harus mengikuti sekolah daring namun terkendala akses internet.

"Kami akan membantu paket data dan TV Set untuk anak-anak di Panti Asuhan agar mereka tetap dapat belajar dengan baik," ujarnya.

Terkait pemulihan ekonomi, Appi berjanji akan menjadikan setiap kantor kelurahan sebagai pusat anak muda untuk berlatih mengembangkan start-up hingga pelatihan tenaga kerja.

"Melatih 10.000 tenaga kerja siap pakai di berbagai bidang keterampilan, perbengkelan, otomotif, kuliner, dan socio-enterpreneurship sebagai salah satu basis bertumbuhnya ekonomi kreatif di Kota Makassar," tegasnya.

Selain itu, dia akan membangun sarana pengembangan UMKM di setiap RW.

"Dimana pemerintah akan mensupervisi usaha, dan membeli langsung produknya untuk dipasarkan. Kami akan memberikan relaksasi dan kelonggaran terhadap berbagai jenis pungutan, seperti retribusi maupun pajak. Apakah itu dalam bentuk penundaan, pemotongan, bila perlu, penghapusan pembayaran," pungkasnya.

Untuk diketahui, pasangan bakal calon wali kota Makassar Appi-Rahman secara resmi telah mendeklarasikan diri pada Jumat (21/8) lalu.

(nvl/tor)