Pimpinan Komisi I DPR: Kesejahteraan TNI Butuh Atensi, Masih Jauh dari Layak

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Kamis, 03 Sep 2020 22:26 WIB
gedung MPR/DPR RI di Jalan Gatot
Soebroto, Senayan, Jakarta.
Ilustrasi Gedung DPR MPR (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Wakil Ketua Komisi I DPR Bambang Kristiono sepakat dengan pernyataan anggota Komisi I DPR F-PKS, Sukamta, yang prihatin dengan kesejahteraan prajurit TNI. Menurut Bambang, kesejahteraan prajurit TNI masih jauh dari layak.

"Kesejahteraan prajurit pada saat ini, masih jauh dari standar hidup yang layak, apalagi bagi mereka-mereka yang sedang bertugas di daerah operasi," kata Bambang saat dihubungi, Kamis (3/9/2020).

Bambang membandingkan harga-harga di daerah operasi prajurit TNI yang lebih mahal dari harga-harga di pulau Jawa. Padahal, menurutnya, uang makan dan lauk pauk untuk prajurit tidak jauh berbeda.

"Harga-harga di daerah penugasan biasanya jauh di atas harga rata-rata yang ada di Pulau Jawa, sementara perbedaan uang makan dan lauk-pauk antara mereka-mereka yang di daerah penugasan dan prajurit-prajurit yang ada di basis, tidak jauh peningkatan dan perbedaannya," ujarnya.

Bambang, yang juga mantan prajurit TNI, mengaku prihatin dengan kesejahteraan prajurit TNI. Ia pun meminta kesejahteraan prajurit lebih diperhatikan.

"Kondisi ini memang sangat memprihatinkan dan butuh atensi serta perhatian kita bersama. Bagaimana kita bisa memelihara dan meningkatkan profesionalisme para the men behind the guns apabila kondisinya terus seperti ini?" ungkapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2