Ibu di Aceh Kubur Bayi Hidup-hidup karena Takut Lahiran tapi Tak Ada Suami

Agus Setyadi - detikNews
Kamis, 03 Sep 2020 15:20 WIB
Ilustrasi penemuan mayat bayi (Dok detikcom)
Foto ilustrasi mayat bayi. (Dok detikcom)
Banda Aceh -

Seorang ibu di Aceh Tengah, Aceh, SM (36) diduga menguburkan hidup-hidup bayi yang baru dilahirkannya. SM diduga melakukan aksinya karena takut melahirkan padahal tidak punya suami.

"Motif tersangka tega menguburkan bayinya karena tersangka takut ketahuan oleh orang-orang bahwa tersangka melahirkan seorang anak tanpa suami. Anak itu merupakan hasil hubungan gelap tersangka dengan seorang laki-laki berinisial SP yang masih berstatus suami orang," kata Kasat Reskrim Polres Aceh Tengah AKP Agus Riwayanto Diputra, Kamis (3/9/2020).

Menurut Agus, tersangka mulai berpikiran membunuh bayinya setelah kepergok anaknya berusia 10 tahun. Saat itu, anaknya melihat ada bayi di rumahnya sehingga menanyakan sosok bayi tersebut.

Setelah dijelaskan bayi tersebut juga anak SM, bocah tersebut mengancam melaporkan ke polisi. Anak SM juga melaporkan ke warga bila SM baru saja melahirkan.

SM merasa ketakutan sehingga berniat menguburkan bayi tersebut di belakang rumahnya. Tak lama usai bayi dikubur, warga mendatangi rumahnya. SM sempat membantah telah melahirkan.

Warga sepakat melakukan pencarian hingga ke luar rumah. Masyarakat di sana curiga dengan tumpukan tanah di belakang rumah. Setelah digali, ditemukan bayi yang baru dilahirkan SM.

"Berdasarkan pengakuan SM, dia menguburkan bayi tersebut pada Senin (31/8) sekitar pukul 15.00 WIB," jelas Agus.

Agus mengatakan, SM dijerat dengan pasal berlapis untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. SM kini diamankan polisi.

"Bayi yang dikuburkannya meninggal dunia," ujar Agus.

(agse/haf)