Usung Eri-Armuji di Pilkada Surabaya, PDIP Puji Proses Kaderisasi Risma

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 02 Sep 2020 20:58 WIB
Hasto Kristiyanto
Hasto Kristiyanto (Dok. PDIP)
Jakarta -

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kritiyanto menjelaskan alasan PDIP mengusung pasangan Eri Cahyadi dan Armuji di Pilkada Surabaya. Hasto mengatakan pemilihan dua nama itu merupakan pertimbangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Apa yang telah ditetapkan oleh Ibu Ketua Umum setelah keputusan diambil seminggu yang lalu menunjukkan bagaimana setelah mempertimbangkan secara saksama di mana antara alam pikir dan hati menyatu, maka pasangan Eri merupakan sosok PNS yang dibesarkan dari kalangan Nahdliyin," kata Hasto dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (2/9/2020).

Hasto menyebutkan pemilihan Eri adalah rekomendasi dari Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Menurut dia, Eri telah memiliki pengalaman selama menjadi PNS.

"Dan ini juga menunjukkan bagaimana proses kaderisasi kepemimpinan itu dilakukan dengan baik oleh Ibu Tri Rismaharini karena saya dapat informasi bahwa saudara Eri ini telah cukup lama mempersiapkan diri dan kapasitasnya sebagai PNS tentu saja kita mengikuti seluruh ketentuan undang-undang yang mengatur terkait hal tersebut, karena PDI Perjuangan itu taat asas," katanya.

Hasto juga menjelaskan alasan pemilihan Armuji. Dia menyebut Armuji adalah kader partai yang memulai karir dari nol hingga menjadi Ketua DPRD Surabaya.

"Kemudian pasangannya adalah saudara Armuji ini adalah kader internal partai yang tumbuh mulai dari bawah anak ranting, ranting, PAC, DPC, dan sebelumnya menjadi ketua DPRD di Kota Surabaya sehingga Mas Armuji dengan pemahamannya terhadap aspek-aspek legislasi anggaran dan fungsi pengawasan pasti akan menjadi mitra yang baik yang saling memperkuat kepemimpinan Mas Eri yang dipadukan dengan Bung Armuji tadi," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2