Kronologi Lengkap Kejadian Seputar Penyerangan Polsek Ciracas

Danu Damarjati - detikNews
Senin, 31 Agu 2020 12:12 WIB
Sekelompok orang tak dikenal merusak dan sejumlah fasilitas di markas Kepolisian Sektor Ciracas, Jakarta Timur, pada Sabtu dini hari (29/8). Pengrusakan juga mereka lakukan pada sejumlah kendaraan yang ada di lokasi.
Penyerangan Polsek Ciracas (20detik)
Jakarta -

Prada Muhammad Ilham, anggota Satuan Direktorat Hukum TNI Angkatan Darat, justru melanggar hukum. Dia memicu penyerangan dan perusakan Polsek Ciracas, Jakarta Timur. Begini kronologi peristiwa tersebut.

Kronologi ini disusun detikcom berdasarkan keterangan pihak TNI dan Polri hingga Senin (31/8/2020) siang.

Kejadian berawal dari kecelakaan tunggal, penyiaran hoax, dan memuncak pada penyerangan kantor polisi. Konsekuensinya, para tentara yang terlibat bakal dipecat. Pihak TNI meminta maaf atas perusakan itu.

Berikut ini kronologi peristiwa penyerangan Polres Ciracas, Jakarta Timur:

Kamis, 27 Agustus 2020

Prada MI jatuh

Pukul 20.00 WIB
Di tikungan Jl Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur, pertigaan lampu merah Arundina, Prada Muhammad Ilham berkendara, hendak menyalip kendaraan di depannya, tapi gagal. Karena kurang konsentrasi, Prada Ilham mengalami kecelakaan tunggal alias terjatuh sendiri dari sepeda motor di tikungan.

"Hari Kamis pukul 20.00 WIB," kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Sambodo Purnomo Yogo, kepada detikcom, Senin (31/8/2020).

Fakta bahwa dia jatuh sendiri dari sepeda motor ini diketahui dari rekaman CCTV salah satu toko sekitar lokasi kejadian. Fakta ini membantah hoax bahwa Prada Ilham dikeroyok.

"Pada tayangan menit ke-37, MI terjatuh di sekitar tikungan, tidak ada pemukulan dari belakang, depan atau pengeroyokan," kata Panglima Kodam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman seperti dilansir Antara, Sabtu (29/8).

PosterGambar ilustrasi seseorang yang jatuh dari sepeda motor, tidak berhubungan langsung dengan berita. (Edi Wahyono/detikcom)

Tonton video 'Polsek Ciracas Diserang Gegara Hoax, DPR Soroti Penggunaan Medsos':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4