Round-Up

Kala Jenderal Andika Jaga Marwah Matra AD, 'Lepas' Anak Buah Berulah

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Senin, 31 Agu 2020 08:04 WIB
KSAD Jenderal Andika Perkasa Buka suara terkait penyerangan Polsek Ciracas, Jaktim. Ia akan ambil langkah tegas pada anggotanya yang terlibat penyerangan itu.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa siap memecat prajuritnya yang terlibat penyerangan di Polsek Ciracas, Jakarta Timur, dan sekitarnya. Andika ingin menjaga marwah TNI AD dan siap melepas anak buah yang berulah.

Minggu (30/8/2020), Jenderal Andika Perkasa memberikan keterangan panjang lebar mengenai penyerangan Polsek Ciracas pada Sabtu dini hari. Andika mengakui saat ini ada 12 orang yang sudah diperiksa, 19 prajurit lainnya dalam proses pemanggilan.

"Sejauh ini dari hasil pemeriksaan, semua, semua yang diperiksa ini sudah memenuhi pasal di kitab undang-undang hukum pidana militer untuk diberikan hukuman tambahan berupa pemecatan dari dinas milliter," tegas Andika Perkasa.

Andika menekankan jerat pidana bakal diterapkan kepada para penyerang Polsek Ciracas. Pemecatan, kata dia, merupakan hukuman berat lanjutan yang bakal dijatuhkan.

"Jadi selain pasal-pasal pidana yang dilanggar oleh masing-masing dan ini akan berbeda satu dengan lainnya, maka kita juga akan memberikan hukuman tambahan kepada semuanya, yaitu pemecatan," sebut Andika.

Andika mengaku tak main-main dalam menyikapi penyerangan markas polisi sektor Ciracas di Jakarta Timur. Dia siap kehilangan anak buahnya yang berulah karena tak mau nama Angkatan Darat jadi buruk.

"Lebih baik kita kehilangan 31 atau berapa pun prajurit yang terlibat, apapun perannya, daripada nama TNI Angkatan Darat akan terus rusak oleh tingkah laku-tingkah laku tidak bertanggung jawab dan sama sekali tidak mencerminkan sumpah prajurit yang mereka ucapkan, janjikan pada saat mereka menjadi prajurit TNI Angkatan Darat," ucap Andika Perkasa.

Tonton video '12 Anggota TNI Perusak Polsek Ciracas Ditahan':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2