Segera Rapat dengan Nadiem, Tito Angkat Bicara soal Mendagri Ad Interim

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 30 Agu 2020 20:20 WIB
Mendagri Tito Karnavian (Andhika-detikcom)
Foto: Mendagri Tito Karnavian (Andhika-detikcom)
Jakarta -

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian bakal kembali aktif seperti biasa setelah sebelumnya Menko Polhukam Mahfud Md ditunjuk sebagai Mendagri Ad Interim selama 2 hari. Tito bakal rapat koordinasi dengan Mendikbud Nadiem Makarim.

"Besok saya ada acara zoom meeting dengan Mendikbud dan semua Kepala Daerah" kata Mendagri Tito dalam keterangannya, Minggu (30/8/2020).

Tito lalu bicara soal penunjukan Mendagri Ad Interim. Menurut Tito, penunjukan Mendagri Ad Interim merupakan hal biasa.

"Sebenarnya penunjukan Mendagri Ad Interim tersebut adalah hal yang biasa, sebagaimana tugas yang diberikan pimpinan lazimnya," kata Tito Karnavian.

Tito menyinggung masa di mana ia pernah mengemban tugas sebagai Menkominfo Ad Interim beberapa waktu lalu. Saat itu Menkominfo Johnny G Plate sedang melakukan perjalanan dinas ke luar negeri. Atas hal inilah, ia menganggap penunjukan ini sebagai hal biasa.

Dia menyebut Menkominfo saat itu sedang melakukan perjalanan dinas ke luar negeri untuk menghadiri acara ASEAN Economic Ministers-ASEAN Digital Ministers (AEM-ADGMIN) Roadshow to the United States, di Amerika Serikat.

Untuk diketahui, Mendagri Tito dijadwalkan menjadi pembicara dalam Rapat Koordinasi bersama Mendikbud, Gubernur, Bupati dan Walikota terkait Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri terkait Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Akademik 2020/2021 di masa Pandemi Corona. Acara ini diselenggarakan secara virtual pada Senin mendatang.

Diberitakan sebelumnya, Mahfud Md ditunjuk menjadi Menteri Dalam Negeri Ad Interim. Mahfud didapuk menjadi Mendagri Ad Interim lantaran Mendagri Tito Karnavian ke luar negeri.

Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) pun kemudian mengkonfirmasi penunjukan Mahfud sebagai Mendagri Ad Interim. Sekretaris Mensesneg, Setya Utama menjelaskan, penunjukan itu dilakukan lantaran Mendagri Tito Karnavian akan bertugas ke Singapura selama dua hari.

"Tugas di Singapura," kata Sesmensesneg Setya Utama saat dimintai konfirmasi, Jumat (28/8).

(gbr/gbr)