2 Pemalak Sopir Truk yang Ancam Rusak Mobil di Palembang Ditangkap

Raja Adil Siregar - detikNews
Minggu, 30 Agu 2020 16:00 WIB
Pemalak sopir truk di Palembang (Dok. Istimewa)
Foto: Pemalak sopir truk di Palembang (Dok. Istimewa)
Palembang -

Dua pelaku pemalakan sopir truk di Palembang, Sumatera Selatan DP (37) dan DI (41) ditangkap. Dalam aksinya pelaku kerap memeras sopir puluhan ribu.

Penangkapan sendiri bermula dari laporan masyarakat dan para sopir truk. Di mana para pelaku meminta uang secara paksa dan jika tidak diberi bakal merusak mobil hingga mengancam dengan senjata tajam.

"Awalnya kami menerima banyak laporan masyarakat. Setelah itu kami monitoring, patroli," terang Kapolrestabes Palembang, Kombes Anom Setyadji kepada detikcom di taman wisata alam Punti Kayu, Minggu (30/8/2020).

Untuk patroli, lanjut Anom, salah satunya dilakukan di kawasan Sungki, Kertapatih. Setiba di lokasi, tim yang dipimpin Kanit Pidum, AKP Robert Sihombing melihat 2 pelaku tengah beraksi.

Tidak langsung melakukan penangkapan, tim sempat memantau para pelaku yang minta uang ke sopir truk. Melihat aksinya diintai polisi, pelaku mencoba kabur dan langsung disergap.

"Pada hari itu Kamis (27/8), ditangkap dua pelaku. Adapun barang buktinya ada uang diduga hasil kejahatan," kata Anom.

Selanjutnya, kedua pelaku digiring ke Sat Reskrim Polrestabes Palembang. Mereka terancam Pasal 368 KUHP dan terancam penjara 1 tahun.

"Selain lokasi itu, kami akan patroli rutin di titik-titik rawan yang dilaporkan. Terutama pintu keluar masuk Palembang," tegasnya.

Aksi pemerasan dan pemalakan terhadap sopir truk sendiri sudah terjadi berulang kali di Palembang. Adapun lokasi rawan salah satunya adalah di Simpang Macan Lindungan, Ilir Barat I.

(ras/gbr)