Round-Up

Amien Rais Pecah Kongsi Matahari Putih via PAN Reformasi

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 30 Agu 2020 07:31 WIB
Amien Rais (Screenshot YouTube Amien Rais Official)
Foto: Amien Rais (Screenshot YouTube Amien Rais Official)
Jakarta -

Partai Amanat Nasional (PAN) terancam pecah kongsi. Politikus seniornya Amien Rais sekaligus pendiri partai berlambang matahari putih ini memutuskan membentuk partai baru, yakni PAN Reformasi.

Loyalis Amien Rais, Agung Mozin mengatakan pembentukan partai baru kini dalam proses termasuk nama. Ada puluhan nama yang diusulkan , namun yang menguat adalah PAN Reformasi.

"Dari 30 nama yang diusulkan memang yang menguat Partai PAN Reformasi. Bukan singkatan ya, jadi PAN Reformasi, itu yang menguat," kata Agung kepada wartawan, Sabtu (29/8/2020).

Agung mengatakan tidak tertutup kemungkinan ada usulan nama lain sampai waktu deklarasi pada Desember nanti. Namun, menurutnya, nama tersebutlah yang saat ini disukai para loyalis Amien Rais.

"Tapi tidak tertutup kemungkinan pada hari-H nanti, ini kan masih butuh waktu sampai Desember. Siapa tahu di tengah jalan ada masukan yang jauh lebih bagus ya, bisa saja kita memutuskan lain, tapi hari ini PAN Reformasi sangat disukai oleh orang-orang," ujarnya.

Agung menilai PAN yang ada sekarang sudah membelot dari tujuan awal dibentuknya PAN. Untuk itulah, menurutnya, semua loyalis Amien Rais sepakat adanya perubahan. Itu yang menjadi alasan pembentukan nama PAN Reformasi.

"Alasannya, argumentasi mereka, bahwa kalau bicara PAN itu adalah Amien Rais, dan kalau bicara Amien Rais itu adalah PAN. Jadi rohnya PAN itu ada di Amien Rais. Kemudian kalau bicara reformasi, ya Amien Rais saja. Itu dari sisi persepsi luar," ujarnya.

Tonton video 'Amien Rais Sarankan Jokowi Mundur Sebagai Presiden':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2