PKB soal PAN Reformasi: Tak Mudah Bentuk Partai Baru

ADVERTISEMENT

PKB soal PAN Reformasi: Tak Mudah Bentuk Partai Baru

Eva Safitri - detikNews
Sabtu, 29 Agu 2020 18:07 WIB
Daniel Johan
Ketua DPP PKB Daniel Johan (Nur Azizah/detikcom)
Jakarta -

Politikus senior Amien Rais akan membentuk partai baru, yakni PAN Reformasi. PKB berharap PAN kembali menyatu karena tidak mudah membentuk partai baru.

"Itu sepenuhnya urusan internal sahabat PAN. Kami hanya mendoakan semoga yang terbaik untuk PAN, siapa tahu bisa kembali menyatu, karena membentuk partai baru juga bukan sesuatu yang mudah," kata Ketua DPP PKB Daniel Johan ketika dihubungi, Sabtu (29/8/2020).

Daniel mengatakan membangun struktur dari awal tidaklah mudah. Apalagi untuk mencapai parliamentary threshold.

"Memenuhi syarat sesuai UU, baik infrastruktur partai maupun kepengurusan baru, bukan hal yang mudah, dan sangat sulit partai baru berhasil lolos parliamentary threshold, apalagi ke depan akan semakin besar persentase PT-nya," ujarnya.

Diketahui, politikus senior Amien Rais sudah memiliki tekad bulat untuk membentuk partai baru. Nama partai barunya yang mencuat adalah PAN Reformasi.

"Dari 30 nama yang diusulkan, memang yang menguat Partai PAN Reformasi. Bukan singkatan ya, jadi PAN Reformasi, itu yang menguat," kata loyalis Amien Rais, Agung Mozin, kepada wartawan, Sabtu (29/8).

Agung mengatakan tidak tertutup kemungkinan ada usulan nama lain sampai waktu deklarasi pada Desember nanti. Namun, menurutnya, nama tersebutlah yang saat ini disukai para loyalis Amien Rais.

"Tapi tidak tertutup kemungkinan pada hari-H nanti, ini kan masih butuh waktu sampai Desember. Siapa tahu di tengah jalan ada masukan yang jauh lebih bagus ya, bisa saja kita memutuskan lain, tapi hari ini PAN Reformasi sangat disukai oleh orang-orang," ujarnya.

(eva/dkp)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT