Terpopuler Sepekan

Usai Balur Liur Jenazah Corona, Warga Telanjang di RS Galang

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 29 Agu 2020 14:00 WIB
Ilustrasi jenazah
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Seorang perempuan di Batam, Kepulauan Riau (Kepri), bikin geger setelah mengaku membalurkan liur pasien Corona. Perempuan tersebut telah dinyatakan positif Corona. Kegegeran berlanjut. Perempuan itu sempat mengamuk di RS Galang hingga mengangkat bajunya.

Mulanya ada 23 orang yang dijemput petugas karena ikut terlibat dalam penjemputan paksa jenazah pasien kasus 433 berinisial YHG. Mereka lalu diperiksa di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) COVID-19 Pulau Galang.

Sebanyak 12 orang dinyatakan positif COVID-19 dan langsung diisolasi di RSKI. Mereka terdiri atas remaja hingga orang dewasa.

"Iya, ada 12 orang positif," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi di Batam, seperti dilansir Antara, Senin (24/8/2020).

Namun ada satu warga yang sempat dicari. Dia adalah seorang perempuan paruh baya yang mengaku membalurkan air liur jenazah ke mukanya. Perempuan tersebut masih bagian keluarga dari pasien COVID-19 yang meninggal. Sontak kejadian ini membuat geger warga Batam.

Sempat Melawan

Perempuan itu melawan saat akan diamankan. Setelah mengaku membalur wajah dengan air liur jenazah, dia sesumbar menjilat liur pasien Corona.

"Dari malam kita mau ambil itu dia udah ngomong sesumbar 'nanti aku jilat air liur itu', di videonya ada, tapi nggak ada dia melakukan itu, gaya dia sajalah itu, mana berani pun dia melakukan itu," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi saat dihubungi detikcom, Selasa (25/8/2020).

Didi mengatakan peristiwa itu terjadi saat ribut-ribut sejumlah warga menjemput paksa jenazah pasien positif Corona. Soal membalurkan air liur, Didi menuturkan, tidak ada saksi yang melihat.

"Dari malam kita mau ambil itu dia sudah ngomong sesumbar 'nanti aku jilat air liur itu', di videonya ada, tapi nggak ada dia melakukan itu, gaya dia sajalah itu, mana berani pun dia melakukan itu. Dia melawan polisi, untung polisinya sabar, iya (waktu ribut-ribut ambil jenazah itu dia bicara)," paparnya.

Perempuan setengah baya itu telah ditemukan dan langsung dibawa ke RSKI Pulau Galang pada Senin (24/8) sore. Sampel tes swab telah diambil. Hasilnya, dia dinyatakan positif Corona.

Tonton juga 'RSKI Pulau Galang Terima Rujukan Pasien Covid-19 di Luar Batam':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2