Round-Up

13 Fakta Penyidik KPK Novel Baswedan Positif Corona

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Sabtu, 29 Agu 2020 08:34 WIB
Novel Baswedan Positif Covid-19
Foto: ScreeShot @Novelbaswedanofficial
Jakarta -

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan dinyatakan positif Corona (COVID-19). Novel, yang tidak merasakan gejala Corona, menjalani isolasi mandiri di rumah.

Novel sebelumnya menjalani tes swab pada Kamis, 27 Agustus 2020. Hasilnya pun baru keluar pada Jumat, 28 Agustus 2020, dan menyatakan Novel positif COVID-19.

Tes swab juga telah digelar KPK bersama Kementerian Kesehatan. Hasilnya, 1 tahanan, 9 pegawai, dan 4 nonpegawai di lingkungan KPK dinyatakan positif Corona.

Namun, menurut Novel, dia terdata positif COVID-19 di luar data yang sudah disampaikan KPK itu. Novel menceritakan sempat mengalami demam dan batuk pada 3 pekan lalu sebelum tes swab.

Berikut 13 fakta penyidik KPK Novel Baswedan positif Corona:

Positif Corona

Setelah menjalani tes swab, Novel Baswedan dinyatakan positif COVID-19.

"Iya, kemarin tes swab semua penyidik dan dibilang positif. Tapi memang aku tidak ada gejala apa-apa," kata Novel kepada detikcom, Jumat (28/8/2020).

Novel menjalani tes swab yang diwajibkan pada seluruh penyidik KPK pada Kamis, 27 Agustus 2020, dan hasilnya baru diketahui pada Jumat, 28 Agustus 2020.

Menurut Novel, selain dirinya, ada beberapa penyidik lain yang positif COVID-19. KPK memastikan pemantauan kesehatan Novel dan pegawai KPK lain yang positif COVID-19.

"KPK juga telah berkoordinasi dan bekerja sama dengan layanan medis terdekat dari tempat tinggal pegawai untuk dilakukan pemantauan lebih lanjut dalam proses pemulihannya," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri secara terpisah.

"Terhadap beberapa pegawai yang terpapar COVID-19 sudah dilakukan langkah-langkah mitigasi dengan dilakukan isolasi mandiri," imbuh Ali.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5