Hadi Pranoto Diminta Kooperatif Penuhi Panggilan Polisi soal 'Obat Corona'

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 28 Agu 2020 16:09 WIB
Penjelasan Pengacara soal Penamaan Obat Corona oleh Hadi Pranoto
Foto: Hadi Pranoto dan pengacara saat datang ke Polda Metro 24 Agustus (Matius Alfons)
Jakarta -

Hadi Pranoto sudah dua kali mangkir dari pemeriksaan polisi soal klaim 'obat Corona' dengan alasan sakit. Polisi berharap Hadi Pranoto kooperatif memenuhi panggilan polisi.

"Nggak ada pemanggilan ketiga. Menurut KUHAP itu sudah langsung izin membawa (jika sudah 2 kali mangkir)," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (28/8/2020).

Setelah dua kali mangkir, Hadi Pranoto diharapkan bisa segera memenuhi panggilan polisi.

"Maka dari itu kita berharap yang bersangkutan bisa hadir gitu. HP (Hadi Pranoto) mudah-mudahan segera sehat dan bisa hadir diperiksa," ujarnya.

Diketahui, Hadi Pranoto sudah dua kali mangkir pemeriksaan polisi. Hadi Pranoto tidak hadir di panggilan pertama pada 3 Agustus 2020 lalu, dengan alasan sakit.

Saat itu, dia mengirim pengacara untuk memberikan keterangan ke penyidik soal alasan ketidakhadirannya. Berikutnya, pada Senin (24/8) Hadi Pranoto datang ke Polda Metro Jaya.

Namun pada saat itu, dia tidak diperiksa. Hadi Pranoto lagi-lagi meminta pemeriksaan dijadwal ulang dengan alasan masih sakit.

Polisi sempat memeriksakan Hadi Praoto di Bidang Kedokteran dan Kesehatan (DOkkes) Polda Metro Jaya saat itu. Menurut Biddokes, Hadi Pranoto tidak mengalami masalah kesehatan dan sempat akan dites cepat (rapid test), tetapi menolak.

"Tanggal 24 Agustus kemarin yang bersangkutan hadir bersama pengacaranya, tapi saat diperiksa yang bersangkutan mengaku kurang sehat. Terus prosedur kita memang setiap pemeriksaan harus melalui rapid test, juga yang bersangkutan tidak berkenan," imbuhnya.

"Sehingga untuk memastikan adalah kita harus pemeriksaan (di) Bidokkes karena Polda Metro punya dokter kesehatan. Diperiksa sebetulnya masih mampu, dalam arti kata sakitnya tidak terlalu ini ya, tapi yang bersangkutan melalui pengacaranya sampaikan tetap tidak kuat melaksanakan pemeriksaan, sehingga minta dijadwalkan ulang ya," bebernya.

Yusri belum bisa memastikan kapan Hadi Pranoto akan diperiksa. Polisi masih berkoordinasi dengan pengacara untuk memastikan kapan Hadi Pranoto bisa diperiksa.

"Ya kita harapkan secepatnya ya. Mudah-mudahan Pak HP bisa sembuh, bisa sehat, sehingga bisa dilakukan pemeriksaan, sehingga bisa terang perkara ini seperti apa. Karena beliau sebagai saksi itu harapan kami. Kalau sudah diperiksa HP baru kita bisa tentukan seperti apa ini nanti," tandasnya.

Seperti diketahui, Hadi Pranoto sebelumnya dilaporkan oleh CEO Cyber Indonesia Muannas Alaidid. Hadi Pranoto dilaporkan terkait dugaan penyebaran berita bohong setelah klaimnya soal 'obat Corona' tayang di YouTube milik musisi Anji.

Tonton juga 'Beda Pernyataan Hadi Pranoto dan Hasil Dokkes Polda Metro Jaya':

[Gambas:Video 20detik]

(mea/mea)