Polisi Ungkap Hadi Pranoto Tolak Rapid Test Saat Datangi Polda Metro

Yofi Ernes - detikNews
Kamis, 27 Agu 2020 16:46 WIB
Penjelasan Pengacara soal Penamaan Obat Corona oleh Hadi Pranoto
Hadi Pranoto (kiri) dan pengacara Tonin Singarimbun (Matius Alfons/detikcom)
Jakarta -

Hadi Pranoto sempat diperiksa kesehatannya di Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polda Metro Jaya ketika memenuhi panggilan polisi, meski urung lantaran kembali mengaku sakit. Hadi Pranoto juga sempat diminta rapid test, tetapi menolak.

"Memang ada upaya kita untuk melakukan rapid test, tapi dia tidak mau," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (27/8/2020).

Yusri mengatakan pihaknya juga telah memeriksa Hadi Pranoto ke Dokter Kepolisian (Dokkes) Polda Metro Jaya guna memastikan kondisi kesehatan dari Hadi Pranoto. Hasilnya, Hadi Pranoto dinyatakan dalam kondisi sehat.

"Kemudian kita rujuk dulu, kita cek ke Dokkes di Polda Metro Jaya. Hasil dari Dokkes ternyata memang yang bersangkutan tidak apa-apa," sebut Yusri.

Sedianya Hadi Pranoto diperiksa pada Senin (24/8). Meski saat itu sempat datang ke Polda Metro, pemeriksaan batal lantaran Hadi Pranoto mengaku masih sakit.

Polisi akan menjadwal ulang pemeriksaan terhadap Hadi Pranoto. Polisi mengancam akan menjemput paksa Hadi Pranoto jika panggilan berikutnya diabaikan.

"Karena, kalau sudah ketiga, kan tidak memanggil lagi, tapi membawa surat perintah membawa. Surat panggilan kedua tidak hadir, ketiga nanti akan ada surat membawa," ujarnya.

"Makanya kita lagi berkoordinasi, mudah-mudahan yang bersangkutan dan pengacaranya bisa segera menghadirkan yang bersangkutan. Mudah-mudahan dia cepat sehat," sambung Yusri.

Untuk diketahui, Hadi Pranoto dilaporkan ke polisi atas dugaan penyebaran berita bohong. Kasus tersebut bermula dari video wawancara Hadi Pranoto dengan musisi Anji. Hadi mengaku telah menemukan obat yang dapat menyembuhkan virus Corona.

Hadi dan Anji kemudian dilaporkan oleh CEO Cyber Indonesia Muannas Alaidid ke Polda Metro Jaya atas tuduhan penyebaran berita bohong. Kasus tersebut kini telah naik ke tahap penyidikan.

Hadi Pranoto telah dua kali diagendakan untuk dilakukan pemeriksaan sebagai saksi terlapor, yaitu pada Kamis (13/8), serta panggilan kedua pada Senin (24/8). Namun kedua panggilan tersebut tidak dipenuhi Hadi karena dia mengaku dalam kondisi sakit.

Tonton video 'Polisi Akan Jadwalkan Ulang Pemeriksaan Hadi Pranoto':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)