Novel Baswedan Positif Corona, Ini Langkah KPK

Ibnu Hariyanto - detikNews
Jumat, 28 Agu 2020 10:03 WIB
Korban penyiraman air keras Novel Baswedan bicara alasannya tak ikut rekonstruksi yang digelar polisi. Faktor kesehatan jadi alasan ia tak ikut rekonstruksi itu
Penyidik Senior KPK Novel Baswedan (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Penyidik KPK Novel Baswedan dinyatakan tertular virus Corona baru (COVID-19). KPK memastikan pemantauan kesehatan Novel dan pegawai KPK lain yang positif COVID-19.

"KPK juga telah berkoordinasi dan bekerja sama dengan layanan medis terdekat dari tempat tinggal pegawai untuk dilakukan pemantauan lebih lanjut dalam proses pemulihannya," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Jumat (28/8/2020).

Ali mengatakan KPK meminta semua pegawai yang dinyatakan COVID-19 untuk isolasi mandiri. Langkah mitigasi juga disebut Ali diterapkan.

"Terhadap beberapa pegawai yang terpapar COVID-19 sudah dilakukan langkah-langkah mitigasi dengan dilakukan isolasi mandiri," ucapnya.

Sebelumnya, informasi mengenai Novel Baswedan positif COVID-19 disampaikan langsung oleh yang bersangkutan. Dia mengaku tidak mengalami gejala apa pun.

"Sebetulnya gini... 3 pekan lalu saya demam, 3 pekan ya, dan kemudian saya ada menyertai demam itu batuk, biasanya kalau saya batuk itu sebulan, dan ketika swab kemarin masih ada batuk sedikit, masih ada lendir sedikit, mungkin itu ter-capture Corona atau Corona beneran nggak tahu," ujar Novel.

"Tapi yang jelas alhamdulillah aku nggak ada gejala, nggak ada sesak napas," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, KPK mengadakan swab test bersama Kementerian Kesehatan. Hasilnya, 1 tahanan, 9 pegawai, dan 4 nonpegawai di lingkungan KPK dinyatakan positif Corona. Namun, menurut Novel, dia terdata positif COVID-19 di luar data yang sudah disampaikan KPK itu.

Tonton juga 'JPU Kasus Penyerangan Novel Meninggal Terkonfirmasi Corona':

[Gambas:Video 20detik]

(dhn/imk)