Positif COVID-19, Novel Baswedan Sempat Demam-Batuk 3 Pekan Lalu

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 28 Agu 2020 09:47 WIB
Penyidik KPK Novel Baswedan memenuhi panggilan Komisi Kejaksaan RI (Komjak RI) hari ini soal polemik tuntutan 1 tahun penjara terhadap dua terdakwa kasus teror terhadapnya.
Penyidik KPK Novel Baswedan (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Penyidik KPK Novel Baswedan dinyatakan tertular virus Corona baru (COVID-19). Dia mengaku sempat demam dan batuk pada 3 pekan lalu.

"Sebetulnya gini... 3 pekan lalu saya demam, 3 pekan ya, dan kemudian saya ada menyertai demam itu batuk, biasanya kalau saya batuk itu sebulan, dan ketika swab kemarin masih ada batuk sedikit, masih ada lendir sedikit, mungkin itu ter-capture Corona atau Corona beneran nggak tahu," ujar Novel kepada detikcom, Jumat (28/8/2020).

"Tapi yang jelas alhamdulillah aku nggak ada gejala, nggak ada sesak napas," imbuhnya.

Novel menjalani tes swab pada Kamis, 27 Agustus kemarin, dan hasilnya baru diketahui hari ini. Sebelumnya, Novel mengaku selalu bekerja di kantor.

"Kemarin ke kantor terus tapi ya insyaallah nggak apa-apalah," ujar Novel.

Saat ini Novel mengaku tidak mengalami gejala apa pun. Dia pun menjalani isolasi mandiri di kediamannya.

Sebelumnya diberitakan, KPK mengadakan swab test bersama Kementerian Kesehatan. Hasilnya, 1 tahanan, 9 pegawai, dan 4 nonpegawai di lingkungan KPK dinyatakan positif Corona. Namun, menurut Novel Baswedan, dia terdata positif COVID-19 di luar data yang sudah disampaikan KPK itu.

Tonton juga 'JPU Kasus Penyerangan Novel Meninggal Terkonfirmasi Corona':

[Gambas:Video 20detik]

(dhn/imk)