Penyidik KPK Novel Baswedan Positif Corona

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 28 Agu 2020 09:26 WIB
Penyidik KPK Novel Baswedan tiba di Polda Metro Jaya. Ia akan diperiksa sebagai korban penyerangan air keras.
Novel Baswedan (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Penyidik KPK Novel Baswedan dinyatakan positif COVID-19. Hingga saat ini, dia tidak merasakan gejala.

"Iya kemarin tes swab semua penyidik dan dibilang positif. Tapi memang aku tidak ada gejala apa-apa," kata Novel kepada detikcom, Jumat (28/8/2020).

Novel mengaku sempat demam 3 pekan lalu dan batuk-batuk. Saat dites, dia mengaku masih batuk.

"Mungkin itu ter-capture Corona, atau Corona beneran nggak tahu," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, KPK mengadakan swab test bersama Kementerian Kesehatan. Hasilnya, 1 tahanan, 9 pegawai dan 4 non-pegawai di lingkungan KPK dinyatakan positif Corona.

"Sebelumnya berdasarkan tes swab yang dilakukan BBTLKPP Kemenkes terhadap berapa pegawai dan tahanan telah ditemukan ada 9 pegawai dari beberapa unit direktorat di KPK, 4 orang non-pegawai/OS, dan 1 orang tahanan dinyatakan positif terpapar COVID-19," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri kepada wartawan, Kamis (27/8).

Ali mengatakan para pegawai yang dinyatakan positif Corona langsung melakukan isolasi mandiri serta mendapat pengawas dari puskesmas. Kemudian, untuk tahanan yang dinyatakan positif dilakukan perawatan di RS Polri, Kramat Jati.

"Namun demikian, saat ini telah dilakukan isolasi mandiri dan tindakan medis lanjutan bekerja sama dengan puskesmas sekitar kediaman para pegawai yang terpapar untuk proses pemulihan terhadap para pegawai tersebut. Sedangkan untuk tahanan telah dilakukan isolasi dan perawatan di RS Polri," sebut Ali.

Tonton juga 'JPU Kasus Penyerangan Novel Meninggal Terkonfirmasi Corona':

[Gambas:Video 20detik]

(dhn/imk)