Soroti Abrasi, Anggota DPRD Minta Pemprov Bengkulu Reklamasi Pulau Tikus

Hery Supandi - detikNews
Kamis, 27 Agu 2020 17:23 WIB
Pulau Tikus (dok. Istimewa)
Foto: Pulau Tikus (dok. Istimewa)
Bengkulu -

Anggota Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu, Darmawansyah, menyoroti masalah abrasi di Pulau Tikus, Bengkulu. Dia meminta Pemprov Bengkulu melakukan reklamasi agar Pulau Tikus tak hilang.

Dia mengatakan saat ini luas Pulau Tikus berkurang akibat abrasi. Dia khawatir jika tak ada tindakan, maka pulau yang masuk ke wilayah Kota Bengkulu itu akan menghilang.

"Berdasarkan fakta dan kondisi tersebut, Pulau Tikus yang berada dalam wilayah Kota Bengkulu dinilai penting untuk diselamatkan," ujar Darmawansyah kepada wartawan, Kamis (27/8/2020).

Darmawansyah mengatakan salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan reklamasi. Dia mengatakan reklamasi bisa menyelamatkan Pulau Tikus.

"Saya minta Pemda Provinsi dalam hal ini Gubernur segera melakukan reklamasi Pulau Tikus agar segera bisa diselamatkan dari ancaman abrasi," ujarnya.

"Ketika upaya seperti ini tidak dilakukan, maka Pulau Tikus bakal benar-benar hilang dari peta Bengkulu," sambungnya.

Dia mengatakan Pulau Tikus pernah masuk dalam rencana pembangunan sektor pariwisata di Provinsi Bengkulu. Namun, saat era pemerintahan di Bengkulu berganti, rencana itu tidak dilanjutkan.

Pulau Tikus sendiri merupakan salah satu destinasi wisata di Bengkulu. Wisatawan biasanya melakukan aktivitas snorkeling di perairan sekitar Pulau Tikus.

(haf/haf)