Round-Up

Dua Kali Sudah Ketua DPRD Riau Terseret Viral Video Pakai Heli BNPB

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 27 Agu 2020 08:51 WIB
Viral Helikopter BNPB Dipakai Antar Ketua DPRD Riau ke Musda Golkar
Foto: Viral Helikopter BNPB Dipakai Antar Ketua DPRD Riau ke Musda Golkar. (Tangkapan layar video viral)
Pekanbaru -

Ketua DPRD Riau Indra Gunawan alias Eet terseret video viral memakai helikopter BNPB untuk menghadiri acara Partai Golkar. Bukan cuma satu, ada dua video viral yang menunjukkan Eet disambut orang-orang beratribut terkait Golkar saat turun dari helikopter BNPB.

Dalam video viral pertama yang berdurasi 2 menit 42 detik, terlihat sejumlah orang berseragam Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) menunggu kedatangan helikopter di kawasan pantai. Mereka kemudian tampak berbaris setelah heli mendarat.

Ketua DPRD Riau yang juga menjabat Sekretaris DPD Golkar Riau Indra Gunawan alias Eet dan Ketua AMPG Riau, Taufik Erman, tampak keluar dari heli itu. Yel-yel 'Hidup AMPG! Hidup Golkar!' terdengar saat keduanya turun dari heli.

Taufik Erman membenarkan dirinya ada di heli BNPB tersebut bersama Eet. Namun, dia mengaku tidak mengetahui bagaimana proses mendapatkan heli BNPB tersebut. Dia juga membenarkan ada acara Musda Golkar di Bengkalis pada Sabtu (22/8). Namun, acaranya berlangsung malam hari setelah mereka tiba dengan heli.

"Saya hanya diajak saja. Kalau soal itu (proses meminjam heli) saya tidak tahu. Karena saya diajak ya sudah saya ikut saja," kata Taufik saat dimintai konfirmasi, Senin (24/8/2020).

"Acara Musdanya malam hari," sambung Taufik.

Eet kemudian buka suara. Dia membantah kabar kalau dirinya menumpangi heli BNPB khusus untuk datang ke acara musda Golkar di Bengkalis. Eet mengatakan dirinya ikut dalam helikopter BNPB untuk memantau kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Bengkalis.

"Jadi gini, kan yang pakai heli itu ramai, semua orang boleh pakai heli ya saya kan Ketua DPRD Riau. Pakai heli dalam rangka mengecek kebakaran hutan dan lahan pakai surat resmi. Kan itu (heli) BNPB. Kalau ada yang bilang saya sebagai ketua partai, sekretaris partai, menteri-menteri itu partai tidak? Menteri BUMN segala macam isinya itu pakai fasilitas pemerintah," kata Eet.

Eet mengatakan dirinya menggunakan helikopter BNPB itu dalam kapasitasnya sebagai Ketua DPRD Riau. Peminjaman heli, katanya, juga dilakukan dengan surat resmi.

Dia menyebut dirinya menggunakan heli tersebut bukan untuk menghadiri kegiatan Golkar. Dia juga buka suara soal Ketua AMPG Riau di heli serta adanya sejumlah orang menggunakan atribut partai yang menyambut dirinya saat turun dari helikopter.

"Tak ada (bukan urusan parpol) saya di situ disambut masyarakat iya. Kan yang salah satu pakai atribut partai, ya memang semua pengurus DPRD ini kan semua pengurus partai, tanpa partai mana bisa duduk di DPRD, begitu," katanya.

"Ini kunjungan kerja karhutla di daerah Bukit Batu, Siak Kecil, Dumai, lewat Siak. Nanti saya buat laporan kepada Pemerintah Provinsi atau ke BNPB nanti akan laporan resmi, pilotnya tahu itu tempat titik-titik kordinatnya," sambungnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2