Viral Video Lain Ketua DPRD Riau Naik Heli BNPB Disambut Pria Berjaket Golkar

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Rabu, 26 Agu 2020 09:34 WIB
Screenshot viral Ketua DPRD Riau naik heli BNPB disambut orang beratribut Golkar
Screenshot viral Ketua DPRD Riau naik heli BNPB disambut orang beratribut Golkar.
Pekanbaru -

Video yang menunjukkan Ketua DPRD Riau Indra Gunawan alias Eet menumpangi helikopter BNPB lalu disambut orang-orang dengan atribut Partai Golkar kembali viral. Ini merupakan video berbeda dari yang sempat viral sebelumnya.

Dilihat detikcom, Rabu (26/8/2020), dalam video berdurasi 22 detik itu terlihat ada helikopter berlogo BNPB mendarat di halaman luas dengan lantai semen. Tampak ada petugas yang mengatur proses mendaratnya heli tersebut.

Eet tampak keluar dari helikopter BNPB itu dengan menggunakan baju berwarna kuning. Dia terlihat disambut sejumlah orang yang mengenakan atribut Partai Golkar.

Dia terlihat tersenyum dan memberikan salam dengan mengepalkan tangan kanannya. Lokasi tersebut diduga berada di Kabupaten Indragiri Hilir. Namun belum ada penjelasan soal acara apa yang hendak dihadiri Eet.

Sebelumnya, video heli bertulisan 'BNPB' ditumpangi Ketua DPRD Riau dan Ketua AMPG Riau viral. Heli itu disebut mengantar keduanya ke acara Musda Golkar di Bengkalis.

Dalam video tersebut, terlihat sejumlah orang yang menggunakan seragam Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) menunggu kedatangan heli di kawasan pantai. Eet, yang juga Sekretaris Golkar Riau, terlihat turun dari heli bersama Ketua AMPG Riau, Taufik Erman. Terdengar teriakan yel-yel 'Hidup AMPG! Hidup Golkar!' saat keduanya turun dari heli.

Screenshot viral Ketua DPRD Riau naik heli BNPB disambut orang beratribut Golkar Screenshot viral Ketua DPRD Riau naik heli BNPB disambut orang beratribut Golkar.

Taufik membenarkan bahwa dia berada di heli tersebut bersama Eet. Namun dia mengaku tidak mengetahui proses mendapatkan heli BNPB tersebut. Dia juga membenarkan ada acara Musda Golkar di Bengkalis yang berlangsung malam hari setelah mereka tiba dengan heli.

"Saya hanya diajak saja. Kalau soal itu (proses meminjam heli) saya tidak tahu. Karena saya diajak ya sudah saya ikut saja," kata Taufik.

"Acara Musdanya malam hari," sambung Taufik.

Eet sendiri sudah buka suara. Dia membantah menggunakan heli BNPB secara khusus untuk datang ke Musda Golkar Bengkalis. Eet mengatakan dia naik heli tersebut sebagai Ketua DPRD untuk memantau karhutla di dapilnya.

"Surat resmi melihat kebakaran lahan di wilayah dapil saya wajarlah. Jadi saya rasa ini kalau ini memang dipelintir saya acara partai, ya itu salah. Karena waktu itu saya pergi memang murni sebagai Ketua DPRD," kata Eet.

Belakangan, Eet mengatakan penggunaan heli BNPB itu untuk mengecek illegal logging. Gubernur Riau Syamsuar juga membela Eet. Syamsuar menilai isu viral Eeet menumpangi heli BNPB ke acara Golkar adalah isu politik. Dia mengaitkan dengan pilkada.

(cha/haf)