Lukisan Wayang Dipamerkan di Galeri Seni Rusia

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 27 Agu 2020 01:35 WIB
Lukisan wayang dipamerkan di Galeri Seni Rusia
Foto: Lukisan wayang dipamerkan di Galeri Seni Rusia (dok. KBRI Moskow)
Jakarta -

Empat lukisan bertema wayang dan batik dipajang pada peran lukisan di Galeri Seni Want and Paint di Moskow, Rusia. Keempat lukisan tersebut merupakan karya seorang warga negara Rusia, Volodymyr Kyrychenko.

Berdasarkan keterangan yang diterima dari KBRI Moskow, Rabu (26/8/2020) masing-masing lukisan berukuran sekitar 30x20 cm menampilkan keunikan tersendiri melalui sapuan cat minyak di atas kanvas yang menampilkan sosok tokoh wayang Rama dan Sinta, Arjuna, dan Cepot, dengan sapuan warna warni bernuansa batik. Keempat lukisan yang dipamerkan diberi judul "Wayang Golek: He Loves Her", "Arjuna", "Whisper", dan "Cepot".

Vladimir Kiri begitu sapaan akrabnya, pernah tinggal, sekolah S2, dan bekerja di Jakarta. Vladimir Kiri, berupaya memperkenalkan budaya Indonesia kepada warga Rusia melalui karya lukisnya.

Wakil Duta Besar Republik Indonesia di Moskow, Azis Nurwahyudi mapresiasi atas keempat lukisan bertema wayang dan batik tersebut. Hal itu disampaikan Aziz saat berkunjung ke pameran lukisan.

"Keempat lukisan bertema wayang dan batik sangat menonjol, berkarakter dan unik di antara semua lukisan yang dipamerkan", ungkap Azis Nurwahyudi.

Azis Nurwahyudi juga memberikan semangat kepada Vladimir Kiri. Pada kunjungan itu Aziz mendapat penjelasan langsung dari Vladimir Kiri atas keempat lukisan yang dipamerkan.

"Teruslah aktif berkarya dan berkreasi melalui lukisan bertema sangat Indonesia, seperti wayang dan batik ini. Sebagai generasi muda dan juga Indonesianis di Rusia, karya lukis yang unik seperti ini akan menjadi ciri khas tersendiri dari seorang Vladimir Kiri dan media efektif untuk semakin memperkenalkan Indonesia di Rusia melalui karya seni", tutur Azis.

Selanjutnya
Halaman
1 2