Giring Ganesha Siap Nyapres, PDIP Ungkit Humor Megawati

Elza Astari Retaduari - detikNews
Rabu, 26 Agu 2020 20:28 WIB
Giring Ganesha turut hadir sebagai pembicara dalam gelaran Innocreativayion di Surabaya. Dengan bersemangat Giring memaparkan potensi olahraga e-sports.
Giring Ganesha (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Plt Ketum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha menyampaikan niatnya maju sebagai calon presiden. PDIP pun mengingatkan menjadi pemimpin harus melalui sebuah proses.

"Bagi kita, Pemilu 2024 itu ada tahapan ya setiap warga negara yang telah memenuhi syarat tentu saja sesuai dengan konstitusi bisa mencalonkan bisa dicalonkan. Itu hak konstitusional kita," ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam konferensi pers via virtual, Rabu (26/8/2020). Hasto dimintai tanggapan soal Giring yang menyatakan diri sebagai capres 2024.

Hasto pun mengungkit soal canda Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Canda tersebut memiliki makna mengenai tingkat pengetahuan seorang capres akan keberagaman Indonesia.

"Ibu Ketum selalu mengingatkan, secara humor ya, apakah yang mendeklarasikan diri sebagai calon presiden sudah pernah keliling ke Indonesia?" kata Hasto.

"Itu nampaknya sederhana, tapi penuh dengan falsafah bagaimana seorang pemimpin itu harus mengenal Indonesia dari sisi budaya, sistem politik, mengenal dan memahami apa itu amanat penderitaan rakyat. Jadi pemimpin itu tidak otomatis mencalonkan kemudian menjadi pemimpin," sambungnya.

Hasto mengingatkan eks vokalis band Nidji itu untuk berproses sebelum bisa sampai pada titik tertinggi puncak kekuasaan di Indonesia. Ini mengingat Giring baru saja terjun ke dunia politik.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memenuhi panggilan KPK. Ia menjalani pemeriksaan terkait kasus suap PAW anggota DPR yang menjerat Harun Masiku.Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Ari Saputra/detikcom)

"Pemimpin itu melalui sebuah proses, melalui gemblengan, dan juga melalui bagaimana pemimpin tersebut merespons tanggung jawabnya bagi bangsa dan negara," ucap Hasto.

Seperti diketahui, Giring menyatakan ingin maju sebagai capres di Pilpres 2024. Ia memberi semangat kepada generasi muda untuk tidak takut terhadap politik.

"Bismillahirrahmanirrahim, karena itulah, saya Giring Ganesha memberanikan diri mewakili generasi saya untuk maju sebagai Presiden Republik Indonesia di 2024. Izinkan dan beri kesempatan kepada saya untuk melayani seluruh rakyat Indonesia. Saya percaya kita akan bangkit berdiri untuk Indonesia yang semakin jaya!" ungkap Giring dalam video yang di-posting di kanal YouTube PSI.

Giring pun mengungkap salah satu alasannya terjun ke dunia politik adalah terinspirasi keberhasilan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang bisa membawa perubahan bagi masyarakat. Giring mengagumi Jokowi sejak masih menjabat Gubernur DKI Jakarta.

"Setelah Pak Jokowi memimpin Jakarta, kota menjadi semakin modern," kata Giring.

Mimpi Giring menjadi capres pun menuai polemik. Ada yang menyebut Giring mimpi di siang bolong, ada juga yang menyatakan Giring sedang mencari sensasi karena baru saja ditunjuk sebagai Plt Ketum PSI.

(elz/gbr)