Round-Up

Mimpi Giring Ganesha Jadi Presiden RI dan Anggapan Cuma Sensasi

Tim Detikcom - detikNews
Rabu, 26 Agu 2020 07:01 WIB
Giring Nidji Nyaleg
Foto: Giring Ganesha. (Dok Instagram Giring).
Jakarta -

Mimpi Giring Ganesha menjadi calon presiden (capres) bikin ramai jagat perpolitikan Indonesia. Niat mantan vokalis Band Nidji itu dianggap hanya cari sensasi karena baru saja ditunjuk sebagai Plt Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

"Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukkan dunia. Berlarilah tanpa lelah, sampai engkau meraihnya...." demikian petikan lirik lagu Laskar Pelangi yang dibawakan Giring saat masih bergabung dengan Nidji.

Lirik lagu yang sempat menjadi hits itu tampaknya cocok dengan kondisi Giring saat ini. Ia berambisi menjadi capres di Pilpres 2024 mendatang.

"Saya memang memberanikan diri untuk maju sebagai calon presiden di 2024," ungkap Giring dalam video yang diposting di kanal YouTube PSI.

Video yang dimaksud berjudul #GiringPresiden 2024 Giring Ganesha dan diunggah PSI pada Senin (24/8/2020). Dalam video itu, Giring tampil memakai kemeja putih dan peci hitam. Giring berbicara cukup banyak. Mulai dari alasannya terjun ke politik, hingga harapannya kepada generasi muda agar peduli terhadap politik nasional.

"Kita boleh aja benci politik, tapi suka nggak suka, banyak keputusan penting yang terkait diri kita diambil melalui sistem politik," kata Giring.

"Bagi saya dan jutaan anak muda lainnya ada dua pilihan. Diam dan melihat orang lain yang menentukan arah masa depan, atau turun dan terlibat menentukan masa depan kita sendiri. Saya memilih untuk turun dan terlibat. Saya percaya justru anak muda justru harus melibatkan diri lebih lagi dalam politik. Ini adalah agar suara kita didengar, diperhitungkan, dan bisa menentukan masa depan yang kita inginkan," tambahnya.

Giring kemudian bercerita soal ia dan keluarganya yang menjadi korban carut marut politik di tahun 1998 sehingga menyebabkan krisis moneter. Bahkan sang ayah meninggal dunia karena stroke kala itu.

Eks Caleg Dapil Jawa Barat itu juga mengungkap alasan lain mengapa ia tertarik terjun ke dunia politik. Presiden Joko Widodo menjadi alasannya. Giring mengungkapkan dirinya terinspirasi dari Jokowi yang banyak membawa perubahan di ibu kota saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Sebelumnya berpuluhan tahun saya dan jutaan orang di Jakarta percaya bahwa kota ini nggak akan pernah berubah. Mulai angkutan umum yang nggak tertata, pelayanan publik yang lambat. Semua ini dianggap takdir yang harus kita terima menjadi warga Ibu Kota. Pandangan ini pelan-pelan mulai berubah," ungkapnya.

Foto Jokowi saat menjadi Gubernur DKI Jakarta pun ditampilkan dalam video Giring. Dia memuji perubahan pesat Jakarta ketika dipimpin Jokowi, termasuk soal pengaduan masyarakat yang bisa dilakukan lewat aplikasi.

"Setelah Pak Jokowi memimpin Jakarta, kota menjadi semakin modern," kata Giring.

Giring pun meminta doa dan restu agar niatnya maju sebagai capres mendapat dukungan. Ia menyatakan ingin melayani masyarakat.

"Bismillahirrahmanirrahim, karena itulah, saya Giring Ganesha memberanikan diri mewakili generasi saya untuk maju sebagai Presiden Republik Indonesia di 2024. Izinkan dan beri kesempatan kepada saya untuk melayani seluruh rakyat Indonesia. Saya percaya kita akan bangkit berdiri untuk Indonesia yang semakin jaya!" tegas Giring.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3