Golkar: Amien Rais Jangan Sembarangan!

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 26 Agu 2020 18:40 WIB
Ketua DPP Golkar Ace Hasan
Ace Hasan Syadzily (detikcom)
Jakarta -

Partai Golkar menilai Amien Rais seharusnya tak sembarangan melemparkan opini terkait dugaan gedung Kejagung dibakar 'orang dalam'. Golkar meminta Amien Rais bicara berdasarkan bukti dan data.

"Seharusnya seorang Amien Rais tidak sembarangan melemparkan opini tanpa didasarkan pada bukti-bukti yang kuat. Beliau ini kan (mantan) akademisi. Seharusnya bicaranya berbasis pada bukti dan data (evidence based) bukan menduga-duga apalagi berspekulasi macam-macam," kata Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Rabu (26/8/2020).

Ace menyarankan Amien Rais menghormati proses penyelidikan yang dilakukan oleh penegak hukum. Amien Rais diminta tak perlu mengaitkan kebakaran gedung Kejagung dengan kasus-kasus masa lalu.

"Apalagi bicaranya mengkaitkan ke sana-kemari dan menyebut kasus-kasus masa lalu yang tidak ada kaitannya. Soal kebakaran di Kejaksaan Agung kan saat ini sedang dalam proses penyelidikan oleh pihak kepolisian. Kita hormati proses penyelidikan itu," ujar Ace.

Dugaan Amien Rais soal gedung Kejagung dibakar 'orang dalam' pun dinilai Ace justru menjurus ke fitnah. Dia meminta Amien berhenti berspekulasi.

"Pernyataan Pak Amien Rais dalam video ini memiliki tendensi dan cenderung fitnah. Berhentilah berspekulasi. Biarkan penegak hukum bekerja secara objektif," ucap Ace.

"Menko Polhukam, Pak Mahfud Md, telah menyampaikan bahwa data dan alat bukti aman. Demikian juga Jaksa Agung juga menyatakan demikian," imbuhnya.

Sebelumnya, politisi senior Amien Rais menduga gedung utama Kejagung sengaja dibakar oleh pihak yang diyakininya sebagai 'orang dalam'. Amien mengungkit kebakaran di gedung Bank Indonesia (BI) yang diduga berkaitan dengan skandal BLBI.

"Saya ingin buat video singkat ini untuk membuat catatan kecil tentang peristiwa akhir-akhir ini yaitu terutama kebakaran gedung Kejaksaan Agung yang begitu dahsyat itu. Yang kemudian mengingatkan kebakaran yang terjadi di gedung BI, bank central Indonesia, bank Indonesia lantai 6 kalau tidak salah, di mana disimpan seluruh berkas-berkas tentang skandal BLBI kemudian hilang. Dan setelah itu ada yang mengatakan demi hukum BLBI sudah selesai kan sudah tidak ada lagi data-data skandal itu," kata Amien mengawali penjelasannya dalam video yang diunggah di akun Instagram @amienraisofficial seperti dilihat detikcom, Rabu (26/8).

Tonton video 'Amien Rais Duga Kejagung Dibakar 'Orang Dalam':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/gbr)