PKB: Amien Rais Tahu dari Mana Kejagung Dibakar Orang Dalam?

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 26 Agu 2020 16:39 WIB
Daniel Johan
Ketua DPP PKB, Daniel Johan (Gibran Maulana/detikcom)
Jakarta -

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mempertanyakan dasar Amien Rais menduga gedung Kejaksaan Agung (Kejagung) dibakar oleh 'orang dalam'. PKB mengajak semua pihak mendorong aparat agar lekas mengungkap penyebab gedung Kejagung terbakar daripada beropini.

"Tahu dari mana ya? Langsung diungkap saja biar jelas dan tidak menimbulkan kesimpangsiuran," kata Ketua DPP PKB Daniel Johan kepada wartawan, Rabu (26/8/2020).

Menurut Daniel, belum ada kepastian soal penyebab kebakaran gedung Kejagung. Dia mendorong aparat kepolisian segera mengungkap.

"Tapi kalau memang belum ada kepastian, bagusnya kita dorong pihak berwenang untuk segera menyidik, bukan menimbulkan opini yang makin membuat ketidakjelasan," ucap Daniel.

Sebelumnya, politikus senior Amien Rais menduga gedung utama Kejagung sengaja dibakar oleh pihak yang diyakininya sebagai 'orang dalam'. Amien mengungkit kebakaran di gedung Bank Indonesia (BI) yang diduga berkaitan dengan skandal BLBI.

"Saya ingin buat video singkat ini untuk membuat catatan kecil tentang peristiwa akhir-akhir ini yaitu terutama kebakaran gedung Kejaksaan Agung yang begitu dahsyat itu. Yang kemudian mengingatkan kebakaran yang terjadi di gedung BI, bank central Indonesia, bank Indonesia lantai 6 kalau tidak salah," kata Amien Rais mengawali penjelasannya dalam video yang diunggah di akun Instagram @amienraisofficial seperti dilihat detikcom, hari ini.

"Di mana disimpan seluruh berkas-berkas tentang skandal BLBI kemudian hilang. Dan setelah itu ada yang mengatakan demi hukum BLBI sudah selesai kan sudah tidak ada lagi data-data skandal itu," sambung Amien Rais.

(rfs/aud)