Kejagung Jawab Dugaan Amien Rais soal Gedung Dibakar 'Orang Dalam'

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Rabu, 26 Agu 2020 17:55 WIB
Gedung Kejaksaan Agung (Kejagung) terbakar pada Sabtu (22/8/2020) malam. Seusai api dapat dipadamkan, puing-puing bekas kebakaran pun berserakan di lantai.
Gedung Kejaksaan Agung yang hangus terbakar. (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Amien Rais menduga gedung Kejaksaan Agung (Kejagung) dibakar oleh 'orang dalam'. Kejagung meminta semua pihak menunggu hasil penyelidikan yang saat ini masih berlangsung.

"Intinya menunggu hasil penyelidikan yang dilakukan oleh kepolisian," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Hari Setiyono saat dihubungi, Rabu (26/8/2020)

Hari menegaskan pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan terhadap gedung Kejagung yang terbakar. Khususnya terkait penyebab kebakaran.

"Tunggu hasil penyelidikan yang dilakukan oleh kepolisian sehingga penyebab kebakaran itu bisa ditemukan sesuai dengan ahlinya yang sedang melakukan penyelidikan sekarang," ujar Hari.

Sebelumnya, politikus senior Amien Rais menduga gedung utama Kejagung sengaja dibakar oleh pihak yang diyakininya sebagai 'orang dalam'. Amien mengungkit kebakaran di gedung Bank Indonesia (BI) yang diduga berkaitan dengan skandal BLBI.

"Saya ingin buat video singkat ini untuk membuat catatan kecil tentang peristiwa akhir-akhir ini yaitu terutama kebakaran gedung Kejaksaan Agung yang begitu dahsyat itu. Yang kemudian mengingatkan kebakaran yang terjadi di gedung BI, bank central Indonesia, bank Indonesia lantai 6 kalau tidak salah," kata Amien Rais mengawali penjelasannya dalam video yang diunggah di akun Instagram @amienraisofficial seperti dilihat detikcom, hari ini.

"Di mana disimpan seluruh berkas-berkas tentang skandal BLBI kemudian hilang. Dan setelah itu ada yang mengatakan demi hukum BLBI sudah selesai kan sudah tidak ada lagi data-data skandal itu," sambung Amien Rais.

Simak video 'Amien Rais Duga Kejagung Dibakar 'Orang Dalam':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/gbr)