Gubernur Sumsel Kumpulkan Provider Atasi Masalah Sinyal Belajar Daring

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 26 Agu 2020 17:25 WIB
Gubernur Sumsel Herman Deru (Raja Adil-detikcom)
Foto: Gubernur Sumsel Herman Deru (Raja Adil-detikcom)
Palembang -

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru bicara soal masalah belajar daring selama pandemi Corona (COVID-19) yang terjadi di wilayahnya. Dia menyebut ada tiga permasalahan yang selama ini dialami.

"Ada 3 persoalan, pertama gadget. Ada yang rebutan sama ibunya. Atau bahkan beredar di medsos mereka harus jual ayam hingga kambing untuk beli gadget," kata pria yang akrab disapa HD di gedung Bina Praja, Rabu (6/8/2020).

Permasalahan kedua, katanya, adalah paket internet yang mahal dan tak dapat terjangkau masyarakat. Persoalan ketiga, yakni terkait sinyal yang belum merata.

"Ada pula persoalan lain, apa itu, sinyal atau jaringan. Walau gadget baik, kuota penuh kalau tidak ada sinyal ya percuma. Inilah maka kita kumpulkan 28 provider di Sumsel baik nasional dan lokal," katanya.

Dia mengatakan seluruh provider dikumpulkan untuk membahas persoalan ketiga. Menurut HD, ada sejumlah daerah yang belum terjangkau sinyal.

"Saya pernah blank spot, saya berdiri tepat di bawah listrik, eh ada signal. Ini anak-anak lebih luar biasa lagi, mereka sampai harus naik pohon," katanya.

HD mendukung masuknya program Merdeka Belajar Jarak Jauh dari salah satu provider. Dia mengatakan perusahaan penyedia layanan internet bisa membantu dengan 'sedekah' kuota kepada para pelajar.

"Perusahaan yang tidak goyang di jaman pandemi ini ya internet. Jadi nggak ada salahnya kalau dapat profit lebih besar, CSR ke bidang jaringan, sedekah kuota," katanya.

Sementara itu, Executive Vice Presiden Telkomsel West Area, Gilang Prasetya, mengatakan pihaknya telah berupaya untuk membantu proses belajar daring. Dia berharap pembagian kuota gratis bisa membantu belajar daring para siswa.

"Kami sangat mengapresiasi respons positif Pemprov Sumsel yang memastikan terjangkaunya akses pendidikan jarak jauh bagi pelajar. Melalui program MBJJ ini, nantinya puluhan ribu pelajar di Sumsel dapat menikmati Kartu Internet Merdeka Belajar serta paket Kuota Belajar secara gratis dari Telkomsel," katanya.

"Kami senantiasa berharap, setiap inisiatif dan upaya yang telah dan akan dihadirkan Telkomsel bisa terus memenuhi kebutuhan masyarakat diberbagai aspek kehidupan, terutama di masa pandemi ini," sambungnya.

(ras/haf)