Jadwal Puasa Tasua 9 Muharram 1442 Hijriah, Jatuh Pada Hari Apa?

Erwin Dariyanto - detikNews
Rabu, 26 Agu 2020 13:46 WIB
One day one hadits
Jadwal Puasa Tasua 9 Muharram 1442 Hijriah, Jatuh Pada Hari Apa? ( Foto: Mindra Purnomo/detikcom)
Jakarta -

Jadwal puasa Tasua 9 Muharram 1442 Hijriah tahun ini jatuh pada hari Jumat, 28 Agustus 2020. Ini merujuk hitungan tanggal 1 Muharram 1442 hijriah yang tahun ini jatuh di tanggal 20 Agustus 2020.

Anjuran mengerjakan puasa Tasua pada tanggal 9 Muharram ini disebutkan dalam Hadits Imam Muslim dari Ibnu Abbas. Suatu ketika Rasulullah SAW mengerjakan Puasa Asyura di tanggal 10 Muharram. Rasulullah pun memerintahkan para sahabat untuk mengerjakannya.

Kemudian ada sahabat berkata, "Ya Rasulullah, sesungguhnya hari 'Asyura adalah hari yang diagungkan oleh orang Yahudi dan Nasrani." Rasulullah SAW bersabda, "Kalau begitu, tahun depan insya Allah kita berpuasa tanggal 9 (Muharram)".

Namun seperti diriwayatkan dalam hadits yang sama, belum sampai satu tahun kemudian Rasulullah SAW wafat.

Di dalam Kitab Fiqhul Islam wa Adillatuhu juz 3, Prof Wahbah Az Zuhaili mengatakan puasa Tasua disepakati oleh para ulama termasuk jenis ibadah Tathawwu' atau sunnah. Bahkan para ulama mahdzab Hanafi mengkategorikan Puasa Tasua, 9 Muharram dan Puasa Asyura 10 Muharram sebagai ibadah Masnun, artinya ibadah yang kerap dijalankan oleh Nabi Muhammad SAW.

Prof Wahbah, pakar ilmu Fikih dan Ushul Fikih ini mengatakan bahwa puasa di bulan Muharram sangat dianjurkan, termasuk puasa Tasua dan puasa Asyura. Sebab Rasulullah SAW sebagaimana diriwayatkan dalam hadits Imam Muslim dari Abu Hurairah, bersabda:

"Sholat yang paling utama setelah sholat wajib adalah sholat malam, dan puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah puasa di bulan Muharram."

Ulama Mahdzab Syafii berpandangan, jika seseorang hanya berpuasa di tanggal 10 Muharram atau puasa Asyura saja, maka disunahkan juga baginya puasa di tanggal 11 Muharram. Di dalam Kitab al-Umm dan al-Imlaa', Imam Syafii berpendapat bahwa berpuasa tiga hari sekaligus di tanggal 9, 10, dan 11 Muharram adalah sunah.

Bagaimana jika Umat Islam tidak bisa memastikan awal bulan sehingga tak tahu Jadwal Puasa Tasua?

Atas pertanyaan ini, ada pendapat dari ulama bermahdzab Hambali sebagaimana ditulis Prof Wahbah dalam Kitab Fiqhul Islam wa Adillatuhu juz 3. Menurut ulama mahdzab Hambali, jika tak dapat memastikan awal bulan, ada baiknya umat Islam tersebut berpuasa tiga hari agar mereka yakin telah menjalankan puasa Tasua dan puasa Asyura.

"Tasua dan Asyura adalah hari di Bulan Muharram yang paling dianjurkan untuk diisi dengan puasa," tulis Prof Wahbah yang meraih gelar doktor di bidang Syariah Islam dari Universitas Al Azhar Kairo tahun 1963 itu.

Berikut Niat Puasa Tasua

نَوَيْتُ صَوْمَ تَاسُعَاءْ سُنَّةَ ِللهِ تَعَالَى

Latin: Nawaitu shauma tasu'a sunnatal lillaahita'ala

Artinya: "Saya niat puasa hari tasu'a, sunnah karena Allah ta'ala."

Setelah jadwal puasa Tasua 9 Muharram 1442 Hijriah yang jatuh pada 28 Agustus 2020, sehari setelahnya ada puasa Asyura yakni 10 Muharram 1442.

(erd/nwy)