Niat Puasa Tasua, Hukum dan Keutamaannya

Erwin Dariyanto - detikNews
Rabu, 26 Agu 2020 11:12 WIB
Jadwal puasa muharram
Foto: Mindra Purnomo/detikcom
Jakarta -

Puasa Tasua menjadi salah satu ibadah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan di Bulan Muharram. Puasa Tasua dikerjakan pada tanggal 9 Muharram. Seperti apa niat puasa Tasua, hukum dan keutamaannya?

Disebutkan Prof Wahbah Az Zuhaili dalam Kitab Fiqhul Islam wa Adillatuhu jilid 3 bahwa para ulama menyepakati puasa Tasua termasuk dalam jenis ibadah Tathawwu' atau sunah. Ulama Mahzab Hanafi menggolongkan Puasa Tasua bersama Puasa Asyura ke dalam ibadah sunah Masnun, yakni yang sering dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda:

"Sungguh jika aku masih hidup sampai tahun depan, niscaya aku akan berpuasa tanggal 9 dan 10 (Muharram)."

Hadits dengan redaksi sama juga diriwayatkan oleh al-Khallal dengan sanad bagus dan dipakai menjadi hujjah oleh Imam Ahmad. Sementara Imam Muslim juga meriwayatkan sebuah hadits dari Ibnu Abbas.

Ibnu Abbas berkata, "Ketika Rasulullah SAW berpuasa pada hari 'Asyura dan memerintahkan para sahabat untuk berpuasa pada hari itu, mereka berkata, 'Wahai Rasulullah, sesungguhnya hari 'Asyura adalah hari yang diagungkan oleh orang Yahudi dan Nasrani.' Rasulullah SAW bersabda, 'Kalau begitu, tahun depan insya Allah kita berpuasa tanggal 9 (Muharram)'.

Namun belum sampai satu tahun kemudian, Rasulullah SAW wafat.


Keutamaan Puasa Tasua

Prof Wahbah mengatakan, pada tanggal 9 dan 10 Bulan Muharram adalah hari di mana sangat dianjurkan untuk berpuasa sunah. Sebagaimana diriwayatkan dalam hadits Imam Muslim dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

"Sholat yang paling utama setelah sholat wajib adalah sholat malam, dan puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah puasa di bulan Muharram."


Niat Puasa Tasua

Sebagian ulama menggolongkan niat menjadi salah satu rukun ibadah puasa. Untuk puasa sunah, niat bisa dilafalkan saat siang hari. Syaratnya belum makan apa-apa sejak sebelum adzan Subuh.

Berikut ini niat puasa Tasua

نَوَيْتُ صَوْمَ تَاسُعَاءْ سُنَّةَ ِللهِ تَعَالَى

Latin: Nawaitu sauma tasu'a sunnatal lillahita'ala

Artinya: "Saya niat puasa hari tasu'a, sunnah karena Allah ta'ala."

Sebagai informasi Puasa Tasua 9 Muharram 1442 Hijriah tahun ini jatuh pada 28 Agustus 2020.

(erd/lus)