Niat Puasa Tasu'ah dan Puasa Asyura Serta Dalil Haditsnya

Lusiana Mustinda - detikNews
Selasa, 18 Agu 2020 16:49 WIB
One day one hadits Adab 7 berdoa
Niat Puasa Tasu'ah dan Puasa Asyura. Foto: Andhika A/detikcom
Jakarta -

Tahun baru Islam, 1 Muharram 1442 Hijriah disambut meriah oleh seluruh umat Islam di dunia. 1 Muharram bertepatan pada 20 Agustus 2020. Dalam perayaan tahun baru Islam, kita dianjurkan untuk bermuhasabah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Salah satu amalan yang bisa kita kerjakan adalah berpuasa. Berpuasa di bulan Muharram hukumnya sunah. Ada puasa Asyura dan puasa Tasu'ah.

Dikutip dalam buku "Syarah Riyadhush Shalihin Jilid 4" oleh Pustaka Imam Asy-Syafi'i, tentang keutamaan puasa hari Asyura (10 Muharram) dan Tasu'a (9 Muharram) ialah:

Hadits No. 1251

"Dari Ibnu'Abbas radhiyallahu anhu, bahwasanya Rasulullah Saw berpuasa pada hari Asyura dan memerintahkan berpuasa pada hari itu." (Diriwayatkan oleh al-Bukhari dan Muslim).

Hadits No. 1253

"Dari Ibnu'Abbas radhiyallahu anhu, ia berkata: "Rasulullah Saw bersabda: 'Seandainya aku masih hidup tahun depan, sungguh aku akan berpuasa pada tanggal sembilan (Muharram)." (HR. Muslim).


Diriwayatkan juga dalam Hadits riwayat Al Bukhari, Ibn Abbas radhiyallahu 'anhu berkata:

Saat Rasululllah Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam menjalankan puasa Asyura' dan memerintahkan para sahabat berpuasa. Ada salah seorang sahabat berkata: Ya Rasulullah, sesungguhnya hari Asyura adalah hari yang diagungkan orang Yahudi dan Nasrani. Kemudian Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Tahun depan, kita akan berpuasa di tanggal sembilan."

Namun, belum sampai satu tahun depan sejak dialog itu terjadi, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam wafat.

Menjalankan puasa 'Asyura sangat dianjurkan oleh Nabi Saw. Rasulullah Saw bersabda:

"Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah (Muharram). Sedangkan shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam." (HR. Muslim).

Bahkan pahala untuk orang yang menjalankan puasa pada hari 'Asyura cukup besar. Rasulullah Saw bersabda bahwa bagi orang yang berpuasa 'Asyura, Allah berjanji akan mengapus dosa-dosanya pada satu tahun yang lalu. Demikian juga bagi orang yang berpuasa pada hari kesembilan bulan Muharram (puasa Tasu'a).

Berikut ini niat puasa tahun baru Islam Asyura dan Tasu'ah:

Niat Puasa Asyura

Arab: نَوَيْتُ صَوْمَ عَشُرَ سُنَّةَ ِللهِ تَعَالَى

Latin: Nawaitu shauma asyura sunnatal lillahita'ala

Artinya: "Aku berniat puasa sunah Asyura esok hari karena Allah SWT."


Niat Puasa Tasu'ah

Arab: نَوَيْتُ صَوْمَ تَاسُعَاءْ سُنَّةَ ِللهِ تَعَالَى

Latin: Nawaitu sauma tasu'a sunnatal lillahita'ala

Artinya: "Saya niat puasa hari tasu'a, sunnah karena Allah ta'ala."

Nah menjelang tahun baru Islam, yuk kita persiapkan diri untuk mendapatkan pahala berlipat dengan berpuasa.



(lus/erd)