Round-Up

Beda Nasib 2 Sekawan Eks KPU: Evi Kembali, Wahyu Divonis Bui

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 25 Agu 2020 07:31 WIB
(Kiri ke kanan) Komisioner KPU Evi Novida Ginting, Komisioner KPU Viryan Azis, Komisioner KPU Wahyu Setiawan, Ketua KPU Arief Budiman, Komisioner KPU Hasyim Asyari, Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi, dan Komisioner KPU Ilham Saputra menyatukan tangan di sela-sela memberikan pengumuman soal dibukanya pendaftaran parpol calon peserta Pemilu 2019 di kantor KPU, Jakarta, Senin (2/10/2017).
KPU. (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Dua sekawan eks komisioner KPU terjerat kasus yang sudah selesai masa sidang. Keduanya beda nasib. Evi Novida Ginting kembali jadi anggota KPU, sementara Wahyu Setiawan masuk bui.

Evi Novida tersandung masalah saat dirinya menjabat sebagai komisioner KPU RI. Evi diputuskan oleh DKPP melanggar etik terkait kasus manipulasi perolehan suara calon legislatif (caleg) Partai Gerindra Daerah Pemilihan (Dapil) Kalimantan Barat 6.

Buntut putusan DKPP itu, keluar Keputusan Presiden (Keppres) terkait tindak lanjut pemecatan Komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik. Evi diberhentikan secara tidak terhormat.

Singkat cerita, Evi mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Sampai akhirnya dikabulkan.

PTUN Jakarta mengabulkan gugatan Evi Novida yang diberhentikan secara tidak hormat berdasarkan Keppres nomor 34/P tahun 2020. Dengan dikabulkan gugatannya, maka Keppres pemberhentian tersebut menjadi batal.

"Mengadili dalam pokok perkara, mengabulkan gugatan penggugat untuk seluruhnya," bunyi putusan yang disampaikan di aplikasi e-court yang ditunjukkan oleh pengacara Evi, Heru Widodo pada Kamis (23/7/2020).

Dari putusan PTUN itu, pemerintah tidak melakukan banding dan mencabut Keppres tersebut. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun mencabut Keppres pemberhentian Evi Novida Ginting sebagai Komisioner KPU.

KPU menindaklanjuti pencabutan Keppres itu dengan menggelar rapat pleno. Mulai kemarin, Evi kembali bertugas sebagai komisioner KPU.

"Keppres 83 di situ menyebutkan: yang pertama, mencabut Keputusan Presiden 34/P tahun 2020 tentang pemberhentian dengan tidak hormat anggota komisioner KPU masa jabatan 2017-2022," kata Ketua KPU, Arief Budiman. Senin (24/8/2020).

Evi pun langsung hadir dalam rapat konsultasi KPU bersama Komisi II DPR RI kemarin. Evi nampak mengenakan batik warna merah kombinasi putih dan mengenakan masker.

Evi Novida duduk di barisan ketiga kursi tamu Komisi II DPR. Dia terlihat serius mengikuti rapat terkait PKPU Pilkada 2020 sambil melihat dokumen yang telah disiapkan.

"Dan pada hari ini Bu Evi aktif kembali sebagai anggota KPU RI, nah karena beliau pembagian tugas menangani devisi teknis maka kami meminta ia hadir pada rapat ini dan beliau sudah ada di tengah-tengah kita ini Komisi II," ujar Arief.

Selanjutnya
Halaman
1 2