Zulhas ke Pasha Ungu dkk: Jadi Kepala Daerah Jangan Cari Kaya dan Popularitas

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Sabtu, 22 Agu 2020 16:41 WIB
Sejumlah selebriti dari Pasha hingga Marcella Zalianty temui Ketua MPR RI Zulkifli Hasan di Senayan, Jakarta. Ada apa?
Zulhas dan Pasha (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) memberikan beberapa pengarahan kepada calon kepala daerah yang akan diusung PAN pada Pilkada 2020. Zulhas berpesan jangan mencari popularitas dan kekayaan untuk diri sendiri saat menjabat nanti.

"Jangan sampai teman-teman jadi anggota DPR tidak tahu untuk apa jadi anggota DPR, yang jadi wali kota tidak tahu untuk apa jadi wali kota untuk apa, yang jadi bupati mati-matian," ujar Zulhas saat mentoring kebangsaan yang disiarkan akun YouTube Amanat Institute, Sabtu (22/8/2020).

"Dipikir jadi wali kota, jadi bupati, DPR, dianggap jalan singkat untuk meningkatkan popularitas dan mencari kaya, tentu keliru, itu salah," sambungnya.

Zulhas kemudian menjelaskan tentang sejarah berdirinya bangsa Indonesia. Dia menyebut kemerdekaan Indonesia adalah sebuah perjuangan yang panjang.

"Kita berada hari ini itu perjuangannya panjang, tidak tiba-tiba ada gedung mewah, tidak tiba-tiba Saudara jadi wali kota, tidak tiba-tiba Saudara jadi anggota DPR. Panjang sekali. Perjalanan sejarah itu melalui pengorbanan jiwa-raga, darah, dan air mata beratus-ratus tahun. Tak terhitung jumlah syuhada yang berkorban untuk berdirinya negeri yang namanya NKRI seperti sekarang yang kita teruskan perjuangan ini," tuturnya.

Wakil ketua MPR RI ini menyebut tujuan Indonesia merdeka adalah bersatu. Dia tidak menginginkan saat pemilihan kepala daerah terjadi pertengkaran dan perpecahan.

"Kita merdeka untuk bersatu. Oleh karena itu, Saudara kalau maju DPR, maju wali kota/bupati, kalau bertengkar, apalagi bermusuhan, apalagi bunuh-bunuhan, oh jelas bertentangan dengan cita-cita Indonesia merdeka, bertentangan dengan konstitusi. Makanya mesti paham dulu. Jadi pilkada, pileg, itu rangkaian untuk mencapai cita-cita kita itu apa, ya bersatu, merdeka untuk bersatu," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2