Twitter 'Amien Rais' Kritik Zulhas Dukung Gibran, PAN: Itu Akun Palsu

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 14:41 WIB
Sejumlah tokoh partai hadiri Rakernas PAN, Sabtu (7/12/2019).
Amien Rais-Zulkifli Hasan (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Akun Twitter yang mengatasnamakan politikus senior sekaligus pendiri PAN, Amien Rais, sempat mencuit kritik kepada partai yang didirikannya karena mendukung Gibran Rakabuming Raka di Pilkada Solo 2020. PAN memberi klarifikasi.

Akun Twitter yang mengatasnamakan Amien Rais mengomentari cuitan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) yang mengunggah foto dirinya bersama Gibran. PAN memang baru saja memberikan surat keputusan (SK) dukungan kepada putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu di Pilwalkot Solo.

"Hari ini saya menerima kunjungan silaturahim Gibran Rakabuming @Chilli_Pari di kediaman saya. Kita tahu ia sedang berjuang di Solo menjadi walikota. Saya menyemangati dan mendoakannya. Saya katakan kepadanya bahwa saya akan menjadi mentor politiknya," tulis Zulhas di akun Twitternya yang bercentang biru, pada 12 Agustus 2020.

Cuitan itu lalu dikomentari oleh akun @Amien__Rais. Akun dengan lebih dari 12 ribu pengikut itu menggunakan foto Amien Rais dan mencantumkan profil Ketua Umum PP Muhammadiyah 1995-1998 dan Ketua MPR RI Periode 1999-2004.

"Partai yang pernah didirikan untuk melawan oligarki politik kini menjadi mentor oligarki politik. Apakah @Official_PAN tengah menyakiti basis ideologis pemilihnya? Biarkan rakyat yang menilai," tulis akun 'Amien Rais' saat mengomentari cuitan Zulhas, pada 12 Agustus 2020.

Menanggapi cuitan tersebut, Sekjen PAN Eddy Soeparno menyatakan akun yang mengatasnamakan Amien Rais adalah akun palsu. Eddy menyebut akun itu tidak dikelola sendiri oleh Amien Rais.

"Kemarin itu juga kebetulan ada akun Twitter dari Pak Amien, tetapi ternyata itu adalah akun palsu, bukan akunnya Pak Amien Rais. Jadi apa pun pernyataan itu, kalau memang tidak dalam bentuk pernyataan resmi, akun resmi Pak Amien, atau dalam bentuk video, saya kira itu perlu kita kaji ulang," kata Sekjen PAN Eddy Soeparno di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020).

Amien Rais telah mengomentari pernyataan Zulhas yang akan menjadi mentor politik Gibran. Amien Rais menyebut Zulhas seperti tidak percaya dengan telinga dan matanya.

Terkait pernyataan Amien Rais itu, Eddy tak mau berkomentar banyak. "Saya belum mendengar ini, belum mau komentar itu," ujarnya.

Eddy lalu menjelaskan alasan PAN mendukung Gibran. Menurutnya, Gibran punya kompetensi sebagai salah satu calon pemimpin muda.

"Alasan kami untuk mendukung Mas Gibran, salah satunya adalah calon kepala daerah muda. PAN memberikan kesempatan banyak kepala daerah muda di pilkada ini karena kita percaya calon-calon pemimpin muda itu memiliki kapasitas dan kompetensi," tegas Eddy.

Simak video 'Kritik-kritik Tajam Amien Rais Untuk Pemerintahan Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]



(azr/elz)