Round-Up

Ramai Kasus Ambulans Dihalangi Pengendara: Dari Pondok Indah hingga Garut

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 22 Agu 2020 15:37 WIB
Ilustrasi ambulans.
Ilustrasi ambulans (Foto: dok. Istock)
Jakarta -

Ramai pembahasan soal ambulans yang dihalangi mobil pribadi di Pondok Indah, Jakarta Selatan. Kejadian ambulans dihalangi bukan kali ini terjadi.

Tak hanya terjadi di Jakarta, beberapa waktu lalu, ambulans juga dihalangi pengendara lain di Depok dan Garut. Di Depok, pelaku penghadang adalah petugas Dinas Perhubungan (Dishub), sementara di Garut, akibat dihalangi, pasien terlambat diselamatkan dan meninggal dunia.

Jika merujuk pada aturan yang berlaku, mobil ambulans mesti mendapatkan hak utama jalan. Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 Tahun 1993, Pasal 65 Ayat 1, mobil ambulans yang mengangkut orang sakit wajib didahulukan diberi jalan.

Berikut beberapa kasus ambulans dihalangi pengendara lain:


Oknum Dishub Depok Hentikan Ambulans Karena Senggolan

Pada 11 Juli 2020, pengendara motor menghentikan laju ambulans di daerah Sawangan, Depok, Jawa Barat. Tak hanya itu, pengendara motor sempat adu mulut dengan sopir ambulans yang sedang membawa pasien.

Diketahui, pengendara motor yang memakai jaket hitam itu adalah petugas Dinas Perhubungan Kota Depok. Dia tidak terima sempat diserempet oleh ambulans.

"Diberhentikan pengendara kendaraan roda dua karena sebelum di depan komplek BDN hampir serempetan," ucap Kapolsek Pancoranmas Kompol Triharijadi saat dihubungi, Sabtu (11/7).

Setelah ambulans diberhentikan, Triharijadi menjelaskan, kedua pengendara sempat terlibat adu mulut seperti yang beredar di video. Namun keduanya akhirnya memutuskan melanjutkan perjalanan.

"Terjadi cekcok mulut seperti di video, namun mereka akhirnya berdamai saling menyadari (kerugian materi juga tidak ada). Selanjutnya mereka melanjutkan perjalanan masing-masing," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2