Komisi X Maklum Chat Dosen 'Kok Kamu Atur Saya': Kekurangan Komunikasi Daring

Eva Safitri - detikNews
Jumat, 21 Agu 2020 16:23 WIB
Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda.
Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda. (Azizah/detikcom)
Jakarta -

Tangkapan layar chat WhatsApp (WA) dosen 'Kok Kamu Atur Saya' ramai diperbincangkan di media sosial Twitter. Terkait hal itu, Komisi X DPR menilai adanya miscommunication atau kesalahpahaman.

"Kita posisinya nggak bisa nge-judge hanya berbasis chatting-an itu, karena kita tak tahu persis konteks masing-masing pihak dosen ataupun mahasiswa seperti apa, mungkin ada waktu yang tidak tepat, jadi saya anggap ini sebagai misleading atau miscomm," kata Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda, Jumat (21/8/2020).

Melalui hal ini, Syaiful memaklumi situasi tersebut sebagai kekurangan atau minus dari komunikasi via daring. Sebab, orang yang berkomunikasi tidak melihat secara langsung bagaimana gestur masing-masing.

"Saya kira ini semakin mengafirmasi ke kita betapa rapuhnya model komunikasi via media daring, karena dilihat dari aspek komunikasi tidak interpersonal. Jadi masing-masing kita nggak bisa lihat secara fisik gestur masing-masing," ujarnya.

Dia juga meminta netizen tidak bertindak secara sepihak. Syaiful mendorong lebih baik yang bersangkutan, baik dosen maupun mahasiswa, melakukan klarifikasi.

"Saya kira jangan men-judge dulu, lebih baik coba ditabayunkan atau diklarifikasi dan itu kan bagian dari aspek komunikasi, nggak berhenti sampai pada konteks saling menyampaikan, tapi kan butuh klarifikasi," katanya.

"Saya mendorong baik yang bersangkutan dosen maupun mahasiswanya melakukan tabayun. Saya menyesalkan kenapa chat begitu disebar, jadi menurut saya pada konteks itu terjadi pelanggaran komunikasi," lanjut Syaiful.

Selanjutnya
Halaman
1 2