Ikan-ikan Situ Rawa Besar Depok Mendadak Mati, Diduga karena Limbah Sampah

Jehan Nurhakim - detikNews
Kamis, 20 Agu 2020 11:48 WIB
Ikan-ikan di Situ Rawa Besar, Depok mendadak mati.
Ikan-ikan di Situ Rawa Besar, Depok mendadak mati. (Jehan/detikcom)
Depok -

Warga dikejutkan oleh kemunculan ikan-ikan yang mati secara tiba-tiba di Situ Rawa Besar, Depok, Jawa Barat. Warga menilai ikan-ikan itu mati karena limbah sampah.

Pantauan detikcom di Situ Rawa Besar, Jalan Kembang Lio, Pancoranmas, Depok, pukul 10.01 WIB, Kamis (20/8/2020), terlihat ikan-ikan mengambang di permukaan air dalam keadaan mati. Lalu belasan pengunjung tampak datang melihat ikan-ikan mati tersebut.

Salah satu warga, Parman, mengatakan ikan-ikan mati mendadak mulai Selasa (18/8/2020) pagi. Dia menduga ikan ini mati karena limbah sampah.

"Limbah, karena tadinya kan panas, terus ditimpa hujan, jadilah timbul limbahnya. Jadi ikan-ikan ini mati karena limbah, mabuk," kata Parman saat ditemui di lokasi.

"Saya juga nggak tahu, katanya tiga hari lalu. Jam berapanya, saya kurang tahu," sambungnya.

Hal senada dikatakan pedagang nasi uduk Situ Rawa Besar, Nur. Menurutnya, ikan ini mati karena limbah sampah. Karena di air itu terlihat banyak sampah yang berserakan.

"Mungkin dari limbah kali ya, karena sampah-sampahnya banyak," tuturnya.

Ikan-ikan di Situ Rawa Besar, Depok mendadak mati.Ikan-ikan di Situ Rawa Besar, Depok mendadak mati. (Jehan/detikcom)

Nur juga mengatakan pihak Pemerintah Kota Depok sudah mendatangi lokasi pada Rabu (19/8). Mereka mengambil contoh air guna diteliti.

"Sudah katanya, kemarin. Denger-denger udah. Katanya mau ambil sampel airnya untuk dicek," ujar Nur.

(idh/idh)