Cerita Pemotretan Rahasia Anak Berbaju Adat di Uang Baru Rp 75.000

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 19 Agu 2020 17:01 WIB
Aditya, anak berbaju adat Gorontalo di uang Rp 75 ribu (Antara)
Aditya, anak berbaju adat Gorontalo di uang Rp 75 ribu. (Antara)
Jakarta -

Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) Republik Indonesia ke 75 tahun dengan nilai Rp 75 ribu menampilkan wajah anak-anak berbaju adat. Salah satunya adalah Aditya Perpatih (9) asal Gorontalo.

Ada cerita menarik tentang pemotretan Aditya untuk tampil di uang baru ini. Ternyata, pemotretan itu berlangsung secara rahasia.

Uang Khusus HUT RI ke-75Uang Khusus HUT RI ke-75 (Dok. Bank Indonesia)

Ibu dari Aditya, Sitti Murtafiah Mooduto, mengaku pada awalnya tidak mengetahui bahwa foto anaknya yang diambil pada 2019 itu akan berada di dalam UPK tersebut.

"Karena saat itu foto tersebut diminta secara rahasia, dan hanya diketahui oleh saya, Bank Indonesia dan Peruri," ujarnya seperti dilansir Antara, Rabu (19/8).

Aditya, anak berbaju adat Gorontalo di uang Rp 75 ribu (Antara)Aditya, anak berbaju adat Gorontalo di uang Rp 75 ribu. (Antara)

Siti menjelaskan, saat itu ada tiga anak yang difoto. Dia tidak berharap banyak Aditya yang akan terpilih dan berada di posisi ketiga kanan dari anak-anak yang mengenakan berbagai pakaian adat di uang baru tersebut.

"Saya mengetahui Aditya terpilih pada tanggal 16 Agustus, dan benar-benar kaget dan bangga karena anak saya yang mengenakan pakaian adat Gorontalo berada dalam uang baru itu," ungkapnya.

Menurut dia, itu menjadi suatu hal yang sangat membanggakan bagi keluarga dan juga Gorontalo.

Tonton video 'Fakta di Balik Tudingan Baju Adat China pada Uang Rp 75 Ribu':

[Gambas:Video 20detik]



(imk/jbr)