Penangguhan Penahanan Jerinx SID Ditolak Polisi, Ini Tanggapan IDI

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Selasa, 18 Agu 2020 17:57 WIB
Penampakan Jerinx SID berbaju tahanan usai diperiksa polisi.
Foto: Penampakan Jerinx SID berbaju tahanan usai diperiksa polisi. (Angga Riza-detikcom)
Denpasar -

Permohonan penangguhan penahanan Jerinx 'SID' ditolak polisi. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyebut tidak ingin mengintervensi masalah hukum dan menyerahkan sepenuhnya ke pihak kepolisian.

"Kita tidak mengomentari yang terkait hukum, tetapi kami ingin menegaskan bahwa IDI sangat menghormati kebebasan berekspresi dan berbicara," kata jubir IDI, Halik Malik, kepada detikcom, Selasa (18/8/2020).

Halik mengatakan, isu 'IDI kacung WHO' tidaklah benar dan tidak berdasar. Dia mengatakan para dokter bekerja untuk kemanusiaan..

"Harapan kami tidak perlu ada sebutan seperti itu, karena kita semua bekerja untuk kemanusiaan dan kita tahu bersama pentingnya kesehatan. Intinya kita semua perlu bekerja sama mengedukasi masyarakat soal COVID-19," terangnya.

"Kita saat ini fokus soal COVID-19 dan tidak lebih dari itu. Untuk tindak lanjut kasus Jerinx silakan tanya ke pihak kepolisian," imbuhnya.

Sebelumnya, pihak kuasa hukum Jerinx mengajukan penangguhan penahanan kepada kliennya pada Jumat (14/8) lalu. Namun pihak Polda Bali menolak permohonan itu karena khawatir pentolan SID itu mengulangi perbuatannya.

"Ditolak. Dikhawatirkan akan mengulangi perbuatannya," kata Kabid Humas Polda Bali Kombes Syamsi, saat dihubungi detikcom, Selasa (18/8).

Jerinx ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan ujaran kebencian terkait postingan di media sosial (medsos) Jerinx 'SID' ditahan di rutan Polda Bali terkait ujaran kebencian 'IDI Kacung WHO'. Jerinx 'SID' ditahan di rutan Polda Bali.

Video 'Sambangi Polda Bali, 2 Personel SID Beri Keterangan soal Jerinx':

[Gambas:Video 20detik]



(fiq/jbr)