Ketua MPR: Tanggal 18 Agustus, Cita-cita Negara Merdeka Ditetapkan

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Selasa, 18 Agu 2020 16:45 WIB
MPR
Foto: MPR
Jakarta -

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengaku bersyukur Indonesia masih bisa merayakan Hari Konstitusi di tengah pandemi COVID-19. Menurutnya, hari ini merupakan momen sangat penting dalam sejarah perjalanan bangsa dan negara sehingga patut diperingati.

"Tanggal 18 Agustus 1945, cita-cita negara merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur ditetapkan. Tanggal ini juga Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara ditetapkan dan pada tanggal ini juga tujuan negara Indonesia merdeka ditetapkan dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Selasa (18/8/2020).

Mengingat betapa berharganya konstitusi bagi bangsa Indonesia, Bamsoet mengajak agar peringatan hari konstitusi menjadi momentum bersama bagi seluruh elemen masyarakat, bangsa dan negara untuk melakukan refleksi dan evaluasi terhadap sistem ketatanegaraan, konstitusi maupun pelaksanaannya.

"Apakah telah mampu memandu secara konstitusional seluruh kehidupan bangsa Indonesia dalam mewujudkan cita-citanya," ungkapnya.

Sementara itu, Pimpinan Fraksi PAN MPR RI Ali Taher mengatakan konstitusi bagi rakyat Indonesia memang sangat penting, dan memperingati Hari Konstitusi adalah salah satu cara menghargai dan menghormati konstitusi itu sendiri. Ali pun berharap jangan hanya sekadar memperingati dari sisi momentum tapi sudah mulai bergerak pada posisi substansi.

"Kita semua mesti memahami secara mendalam konstitusi. Sebab, konstitusi bukan hanya sekedar norma biasa, tetapi norma yang memiliki nilai implementasi seperti, bagaimana konstitusi mampu memberikan jaminan memenuhi hak warga negara Indonesia antara lain hak untuk dilindungi dan hak mendapat pengakuan," pungkasnya.

Simak video 'Bamsoet Ingatkan Ancaman Resesi Ekonomi Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



(akn/ega)