TPU Prumpung Jadi Tempat Nongkrong Karena Tak Ada Lahan Terbuka Hijau

Isal Mawardi - detikNews
Senin, 17 Agu 2020 05:23 WIB
TPU Prumpung Jakarta Timur (Jehan Nurhakim/detikcom)
Foto: TPU Prumpung Jakarta Timur (Jehan Nurhakim/detikcom)
Jakarta -

Tempat Pemakaman Umum (TPU) Prumpung, Jakarta Timur, menjadi tempat nongkrong warga. Hal itu dikarenakan tidak ada lahan terbuka hijau bagi warga.

"Karena tidak ada lahan terbuka hijau untuk lahan bermain mereka," ujar Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) TPU Zona 21 Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur Erdianto Anwar ketika dihubungi, Minggu (16/8/2020).

Erdianto menuturkan daerah sekitar TPU Prumpung merupakan kawasan permukiman padat penduduk. Dimana, akses jalan hanya berupa gang-gang sempit.

Berbagai aktivitas dilakukan oleh warga di TPU. Mulai dari hanya sekedar nongkrong hingga menjemur pakaian.

"Kira-kira tiap sore," kata Erdianto.
Erdianto menyebut petugas keamanan yang berjaga di area makam telah menghalau warga untuk tidak menginjak makam. Namun, imbauan petugas malah berbuah ancaman menggunakan senjata tajam.

"Malahan mereka mengancam pamdal kami dengan celurit dan air keras, dan kantor kami ditimpuk sama mereka karena kita menghalau mereka. Itu kondisi seperti itu," jelasnya.

Selain itu, TPU Prumpung kerap dijadikan lokasi tawuran antarremaja. Gara-gara tawuran yang terjadi, jelas Erdianto, tak jarang batu nisan sekitar makam mengalami kerusakan. Pihaknya pun kerap berkoordinasi dengan aparat desa setempat untuk menanggulangi kejadian ini.

"Mereka melempar batu, membawa sajam, air keras mereka antara warga depan sama belakang. Jadi mereka main timpuk-timpukan batu, jadi batu nissan kadang suka dipecahin, ke kantor segala macam," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, beredar sebuah video viral yang memperlihatkan area TPU Plumpung dijadikan tempat nongkrong. Peristiwa ini terjadi pada Sabtu (15/8).

Dalam video viral berdurasi 13 detik, tampak sejumlah anak tengah duduk santai di atas makam. Ada yang sambil bermain gitar, bahkan menginjak makam.

(isa/aik)