Round-Up

Macet Tak Terelak Kala Long Weekend di Puncak

Tim detikcom - detikNews
Senin, 17 Agu 2020 04:54 WIB
Kepadatan terlihat di jalur puncak Bogor saat masa libur panjang. Tak sedikit wisatawan yang memilih keluar dari kendaraannya sembari menunggu kemacetan reda.
Potret kemacetan yang terjadi dari arah Jakarta ke Puncak (Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Salah seorang pengemudi bernama Yot Tasentana (63) mengaku sempat terjebak kemacetan selama 5 jam. Warga Cibitung, Bekasi itu mengaku mengalami kepadatan lalu lintas sejak sebelum Simpang Gadog hingga Simpang Megamendung, padahal, biasanya hanya dibutuhkan 20 menit dari Simpang Gadog ke Simpang Megamendung.

"Stucknya dari situ, sebelum perempatan (Simpang Gadog) lah. Kira-kira setengah kilo (meter) dari perempatan itu (macetnya). Saya sampai sana tadi jam 11.30 WIB. Berarti 5 jam ini (tertahan di Jalan Raya Puncak karena macet)," kata Yot saat ditemui di Jalan Raya Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Minggu (16/8/2020) pukul 16.54 WIB.

Lalin di Puncak pada Minggu (16/8/2020) (Sachril/detikcom)Kendaraan berpelat B tampak mendominasi (Foto: Sachril Agustin Berutu/detikcom)

Yot mengatakan berangkat dari rumahnya di Cibitung sekitar pukul 09.30 WIB untuk berkunjung ke Masjid Atta'Awun bersama keluarganya. Namun, mobilnya justru terjebak macet hingga mengalami mogok.

"Saya perkiraan dari Bekasi ke Puncak itu, paling lama saya biasanya 2 jam sampai. Tapi kenyataannya 7-8 jam, (dan) saya baru sampai di Cipayung (belum sampai Masjid Atta'Awun). Artinya ini macet luar biasa," ungkapnya.

Pada akhirnya pria ini pun memilih pulang ke Bekasi ketimbang melanjutkan perjalanan ke Masjid Atta'Awun. Sementara itu untuk mengurai kemacetan, petugas sendiri telah melakukan rekayasa lalu lintas. Jalan Raya Puncak diberlakukan one way dari atas ke bawah.

Sampai pukul 19.18 WIB di sekitaran Pasar Cisarua, ada banyak kendaraan baik motor maupun mobil yang melintas di Jalan Raya Puncak arah ke atas, atau dari Ciawi menuju Taman Safari. Namun dari arah sebaliknya, juga dipadati kendaraan mobil dan motor.

Kemacetan pun terjadi di sekitar Pasar Cisarua, baik Jalan Raya Puncak yang mengarah ke atas atau turun ke bawah. Untuk sepeda motor masih dapat melintas pelan dari pinggir jalan. Namun untuk kendaraan mobil, hanya hampir tidak bergerak.

Sesekali, ada beberapa kendaraan yang keluar dari dalam Pasar Cisarua menuju Jalan Raya Puncak. Tampak beberapa polisi yang melakukan penjagaan untuk mengatur lalu lintas.

Halaman

(dhn/dhn)