Long Weekend, Banyak Warga Ajak Keluarga Piknik di TMII

Tiara Aliya - detikNews
Minggu, 16 Agu 2020 15:51 WIB
Warga kunjungi TMII di akhir pekan (Tiara Aliya/detikcom)
Warga mengunjungi TMII di akhir pekan. (Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) jadi tujuan warga untuk liburan sejenak saat long weekend. Rombongan keluarga hingga anak muda tampak piknik di berbagai sudut.

Pantauan detikcom pada Minggu (16/8/2020), pengunjung menyambangi kawasan Taman Sasono Langen Budoyo TMII. Pengunjung terdiri dari warga sekitar Jabodetabek hingga pendatang luar Jabodetabek.

Ada pengunjung yang mengajak keluarga besar. Tak jarang pula pengunjung membawa balita dan anak kecil di bawah 9 tahun. Mereka bersantai sambil piknik di bawah pohon rindang. Selain itu, sejumlah anak muda pun tampak bersantai dan nongkrong di kawasan ini.

Ada pula sejumlah pedagang kaki lima menjajakan mainan dan layang-layang. Para orang tua pun banyak yang membeli layang-layang dan bermain bersama anaknya.

Salah satu pengunjung asal Bekasi bernama Unto (25) sedang bersantai di atas tikar yang disewanya. Ia mengajak anak dan istrinya ke TMII karena bosan di rumah saja selama pandemi Corona.

"Sebenarnya ya kalau dibilang takut ya takut cuma gimana ya, kita liburan cuma ada hari Minggu doang ngajak anak-istri saja, gitu saja. Bosan juga di rumah melulu," kata Aan di Taman Sasono Langen Budoyo TMII, Jakarta Timur, Minggu (16/8).

Warga kunjungi TMII di akhir pekan (Tiara Aliya/detikcom)Warga mengunjungi TMII di akhir pekan. (Tiara Aliya/detikcom)

Unto pun menyebut ada perasaan takut terpapar virus Corona ketika memutuskan ke luar rumah. Untuk itu, ia akan selalu mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

"Takut sih. Tapi kita jaga jarak saja sesuai yang dianjurkan pemerintah. Bawa yang buat cuci tangan, hand sanitizer," jelasnya.

Selain Unto, pengunjung asal Medan bernama Sandy (27) berkunjung ke TMII bersama dua rekannya. Aktivitasnya selama di kawasan ini hanya nongkrong semata.

"Ya nongkrong-nongkrong kayak gini saja, kalau sudah hilang jenuhnya balik lagi ke parkiran," jelas Sandy.

Warga kunjungi TMII di akhir pekan (Tiara Aliya/detikcom)Warga mengunjungi TMII di akhir pekan. (Tiara Aliya/detikcom)

Sandy memilih melawan rasa takutnya akan virus Corona dan berkunjung ke kawasan ini. Untuk itu, ia pun datang ke TMII dengan selalu memastikan jarak aman.

"Takut. Yang namanya virus itu kan nggak bisa dilihat jadi kita semua itu ada antisipasinya," ungkapnya.

"Boleh kita takut tapi jangan terlalu. Boleh kita takuti tapi yang namanya kita sudah dikasih prosedur dari sana pakai masker kita pakai. Itu saja intinya. Sering jaga jarak sajalah," sambungnya.

Pengunjung asal Jepara bernama Ika (35) datang dengan membawa suami dan anaknya yang berusia 2 tahun. Dia tetap menjaga jarak dengan pengunjung lain dan tidak berkerumun.

"Ini kan tempatnya luas aku pilih tempat yang nggak sempit-sempit amet terus aku pilihnya nggak yang berkerumun. Tetap saya ajak tapi kita lihat kondisi juga lingkungannya. Saya nggak ambil di sebelah sana kan lebih ramai gitu kita istilahnya menyendiri tapi anaknya tetap enjoy mainnya, dia main di lingkungan bebas cuma memang tidak berkerumun," ungkap Ika

"Jadi aman, menurut saya aman. Buat balita juga aman soalnya udaranya bagus, udaranya segar bagus, terus kita pilih tempat yang adem juga anaknya enjoy," sambungnya.

Simak video 'Liburan ke Nihiwatu, Rachel Vennya Bikin Iri Netizen':

[Gambas:Video 20detik]



(imk/imk)