HUT Ke-70 Jateng, Ganjar Terima Ucapan dari Artis hingga Tokoh

Yudistira Imandiar - detikNews
Minggu, 16 Agu 2020 12:32 WIB
jateng
Foto: istimewa
Jakarta -

Ucapan selamat serta doa mengalir untuk Provinsi Jawa Tengah (Jateng) yang merayakan HUT ke-70, Sabtu (15/8/2020). Selain warga Jateng, para artis, presenter, tokoh agama, tokoh masyarakat, duta besar negara tetangga dan pejabat pemerintah juga ikut menghaturkan ucapan dan doa.

Ungkapan kebahagiaan salah satunya datang dari ulama asal Yogyakarta Gus Miftah. Sebagai sahabat dekat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, pimpinan Pondok Pesantren Ora Aji di Sleman ini mengucapkan terima kasih pada Ganjar yang terus membangun optimisme di tengah pandemi COVID-19 yang tengah melanda negeri ini.

"Saya selaku sahabatnya Pak Ganjar, pengen mengucapkan spesial terima kasih untuk Pak Ganjar selaku gubernur Jawa Tengah yang mampu membangun optimisme warga Jawa Tengah," kata Gus Miftah, Sabtu (15/8/2020).

Gus Miftah menilai, optimisme yang disampaikan Ganjar kepada warganya i sangat berpengaruh penting terhadap kondisi sosial suatu daerah, sehingga orang-orang tak lagi cemas menghadapi pagebluk ini.

"Karena bagi saya kecemasan adalah ilusi buruk tentang masa depan. Daripada membuang waktu kita untuk cemas terhadap apa yang belum pasti terjadi, lebih baik mempersiapkan diri untuk menghadapinya. Dan ini dilakukan oleh pemerintah Jawa Tengah," tuturnya.

Ucapan dan doa juga datang dari kalangan artis antara lain dari Anang Hermansyah, Najwa Shihab, Boy William, Atta Halilintar, Gading Marten hingga Ivan Gunawan. Para artis itu menyampaikan doa dan harapan untuk Jateng agar terus maju dan sejahtera meski harus merayakan hari jadi di tengah pandemi.

"Dirgahayu ke 70 Jawa Tengah, semoga selalu menjadi bagian dari Negara Republik Indonesia yang membanggakan, penuh ramah tamah dan berbudaya," kata Ivan Gunawan melalui video yang di upload di sejumlah media sosial.

Sementara itu, presenter Najwa Shihab juga berharap Jateng semakin maju, guyub dan gayeng. Video ucapan ini pun ramai di berbagai media sosial.

Kata-kata selamat dan harapan turut dilafalkan oleh para duta besar negara tetangga yang bekerja sama dengan Jateng, seperti India, Singapura, Queensland Australia, Konjen RRT hingga dari Chungcheongbuk-do, the Republic of South Korea.

Sejumlah tokoh dan juga warga dari berbagai daerah di luar Jateng pun turut menyampaikan selamat hari jadi kepada Provinsi Jateng, seperti dari wilayah Jawa Timur, Jawa Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat, Sumatera Selatan dan sejumlah daerah lain di Indonesia.

Perayaan HUT ke-70 Provinsi Jateng berlangsung sederhana. Tanpa pesta rakyat seperti tahun-tahun sebelumnya, peringatan hari jadi yang mengambil tema Jateng Peduli Sesama, dilakukan hanya dengan upacara dan berbagai kegiatan sosial.

Ganjar menyampaikan pandemi COVID-19 memang membuat semua daerah termasuk Jawa Tengah terpuruk, namun masyarakat tidak boleh berputus asa.

"Kondisi ini tidak boleh membuat kita lemas bahkan membuat mental jatuh. Pandemi ini harus menjadi momentum kita bangkit kembali dari keterpurukan, caranya adalah berkolaborasi dan bersinergi dengan cara-cara baru untuk melakukan terobosan," tegas Ganjar.

Meski tak ada perayaan, namun HUT Jateng tahun ini sudah begitu semarak di media sosial. Tagar #Jateng70 dan #JatengPeduliSesama sempat menjadi trending topik di twitter sejak pagi hingga sore hari.

[Gambas:Instagram]



Simak video 'Tulisan Teks Proklamasi Soekarno Sempat Dibuang di Keranjang Sampah':

[Gambas:Video 20detik]



(ega/ega)