Viral Warga Cat Logo HUT RI Gegara Mirip Salib, Pemko Lhokseumawe Buka Suara

Agus Setyadi - detikNews
Sabtu, 15 Agu 2020 18:23 WIB
Screenshot viral video warga cat logo resmi HUT RI ke-75 (dok. Istimewa)
Screenshot viral video warga mengecat logo resmi HUT RI ke-75. (Foto: dok. Istimewa)
Lhokseumawe -

Video sekelompok orang mengecat sebagian logo HUT ke-75 RI yang terpasang di spanduk milik Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Lhokseumawe viral di media sosial. Pemko Lhokseumawe buka suara soal video itu.

Dilihat detikcom dalam video viral, Sabtu (15/8/2020), tampak seorang pria mengenakan baju hitam dan bertopi mengecat sebagian logo HUT RI ke-75 dengan cat merah. Pria tersebut mengecat gambar berbentuk garis tegak serta garis horizontal yang terdapat pada logo.

Pada spanduk yang dicat terdapat logo dan tulisan 'Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Lhokseumawe'. Sejumlah orang tampak melihat aksi pria tersebut mengecat menggunakan kuas.

Pengunggah video, yakni akun Twitter @tubirfess, menuliskan 'supaya imanku yg lemah ini tidak goyah, mari kita cat 2beer!'. Video tersebut sudah di-retweet 3.225 kali serta disukai 4.866 kali.

Kabag Humas Pemko Lhokseumawe Marzuki buka suara. Dia mengatakan spanduk itu dilipat sudut-sudutnya saat ada info logo mirip salib.

"Saya sudah tanya ke karyawan kantor tersebut, begitu ada info salib, spanduk tersebut langsung dilipat sudutnya," ujar Marzuki.

Jubir Presiden, Fadjroel Rachman, menegaskan desain spanduk HUT ke-75 RI tidak merepresentasikan simbol agama tertentu. Artinya, tidak ada simbol yang merujuk pada salib atau agama lainnya.

"Tidak ada simbol agama tertentu pada logo HUT ke-75 RI," kata Fadjroel.

Tonton juga 'Ceramah UAS Singgung Salib Dibawa ke Hukum, Apa Kata Arie Untung?':

[Gambas:Video 20detik]

(agse/haf)