Tak Lolos SBMPTN 2020? Masih Ada Jalur Mandiri dan Kampus Swasta

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 17:35 WIB
Rektor Unair Prof Moh Nasih
Ketua LTMPT M Nasih (Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Jakarta -

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mohammad Nasih mengajak peserta yang tidak lolos SBMPTN 2020 tetap bersemangat. Masih ada jalur mandiri menuju kampus impian. Pendaftar juga bisa mencoba menuju kampus swasta.

"Karena itu, tetap semangat untuk yang belum lulus. Dipastikan bahwa selisihnya hanya tipis dibandingkan yang sudah lulus dan memang daya tampungnya sangat terbatas. Masih banyak peluang di tempat yang lain untuk bisa melanjutkan studinya, baik di jalur seleksi mandiri maupun di kawan-kawan swasta," kata Nasih dalam jumpa pers virtual LTMPT pada Jumat (14/8/2020).

Dia menjelaskan nilai para peserta ujian hanya memiliki selisih yang kecil. Banyak kasus, peserta yang lulus dan peserta yang tidak lulus hanya punya selisih nilai yang tipis saja.

"Ada homogenitas dari nilai para peserta. Dalam arti yang lain, peserta mempunyai nilai-nilai yang kurang lebih sama. Selisihnya mungkin hanya nol koma nol koma dan seterusnya," kata Nasih



Nasih mengatakan daya tampung perguruan tinggi negeri (PTN) terbatas. Tentu saja, tidak semua peserta SBMPTN bisa lolos ujian.

"Yang tidak lulus itu sesungguhnya juga bukan tidak pintar. Selisihnya hanya tipis-tipis saja. Hanya karena daya tampung perguruan tinggi terbatas. Tentu tidak semuanya bisa diterima dan atau lulus seleksi," ujar Nasih.

Simak juga video 'Uang Pendaftaran akan Dikembalikan Bila Peserta Tak Bisa Ikut Ujian UTBK':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2