Kebakaran di Wae Wuul NTT, Polisi: Lokasi Api Jauh dari Resort

Audrey Santoso - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 00:52 WIB
Ilustrasi Kebakaran. Andhika Akbarayansyah/detikcom.
Foto: Ilustrasi kebakaran (Thinkstock)
Manggarai Barat -

Kebakaran lahan terjadi di Wae Wuul, Wingkol, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Polisi memastikan lokasi kebakaran jauh dari resort wisatawan.

"Lokasi api jauh dari resort, di bukit sebelah," kata AKBP Bambang Hari Wibowo ketika dikonfirmasi detikcom, Jumat (14/8/2020) dini hari.

Bambang menyebut lokasi yang terbakar bukan objek wisata. Lahan yang terbakar, lanjut Bambang, adalah hutan yang ditumbuhi semak.

"Ini bukan objek wisata. Ini hutan pinggir pantai. Semak-semak kering," ucap Bambang.

Perihal ini, Kepala Taman Nasional Komodo (TNK), Lukita Awang meluruskan kabar mengenai terbakarnya kawasan Cagar Alam Wae Wuul. Menurut Awang, kawasan yang terbakar di luar cagar alam dan TNK.

"Di luar (kawasan komodo). (Kawasan yang terbakar) Itu namanya di daerah Wingkol, memang dekat cagar alam. (Kebakaran) di luar (TNK), itu di dataran Flores. Tapi itu (kebakaran) di luar cagar alam," kata Awang.

Sebelumnya dilansir Antara, kawasan Cagar Alam Wae Wuul terbakar pada Kamis malam. Kepala Balai Konsevasi Sumber Daya Alam (BKSDA) NTT, Timbul Batubara, membenarkan adanya peristiwa kebakaran kawasan cagar alam tersebut.

"Yah betul, ada kebakaran di Cagar Alam Wae Wuul di Manggari Barat. Saat ini masih dilakukan upaya pemadaman di lapangan dengan ekstra waspada," kata Timbul.

Timbul mengatakan informasi mengenai peristiwa kebakaran Cagar Alam Wae Wuul ini diperolehnya sekitar pukul 22.00 WITA. Berdasarkan informasi dari lapangan, kata dia, disampaikan bahwa titik api yang muncul berada di wilayah Wingkol bagian barat kawasan cagar alam.

(aud/imk)