Kebakaran di Manggarai Barat NTT di Luar Taman Nasional Komodo

Audrey Santoso - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 00:45 WIB
Pemadam kebakaran memadamkan api. Ari Saputra//ilustrasi/detikfoto
Foto: Ilustrasi kebakaran (Ari Saputra/detikcom)
Manggarai Barat - Kepala Taman Nasional Komodo (TNK), Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Lukita Awang meluruskan kabar mengenai terbakarnya kawasan Cagar Alam Wae Wuul. Menurut Awang, kawasan yang terbakar di luar cagar alam dan TNK.

"Di luar (kawasan komodo). (Kawasan yang terbakar) Itu namanya di daerah Wingkol, memang dekat cagar alam. (Kebakaran) di luar (TNK), itu di dataran Flores. Tapi itu (kebakaran) di luar cagar alam," kata Awang saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (13/8/2020).

Awang menuturkan lokasi kebakaran dengan TNK terpisah pulau. Saat ini api sudah padam.

"Berdekatan dengan taman nasional, tapi kan nyeberang pulau, nyeberang laut. Di daratan Flores ada Cagar Alam Wae Wuul. Tadi terbakar karena anginnya kencang. Tim sudah ke sana, (api) sudah padam," ujar Awang.

Senada dengan Awang, Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo menegaskan kawasan yang terbakar bukan TNK. Lokasi kebakaran tepatnya di Desa Wae Lokam, Wingkol, Kecamatan Komodo.

"Itu bukan kawasan komodo, jauh lokasi komodo, lain (lokasinya). Beda, beda. ini masih di daratan Flores, bukan Pulau Komodo. Jadi kawasannya di daratan Flores, daerah Wingkol, Desa Wae Lokam, Kecamatan Komodo. Kecamatan Komodo itu berada di Labuan Bajo, di kota," jelas Bambang.

Dia kemudian menuturkan kawasan yang terbakar adalah hutan dan tak ada permukiman penduduk. Bambang pun telah mengecek lokasi yang terbakar bersama personel Direktorat Polair Polda NTT.

"Kondisi itu hutan, tidak ada permukiman, jadi semak-semak yang terbakar. Saya tadi menuju lokasi dengan kapal polair Dit Polair Polda NTT, di-support Dirpolair Polda NTT Kombes Andreas," tutur Bambang.

Sebelumnya dilansir Antara, Kawasan Cagar Alam Wae Wuul terbakar pada Kamis malam. Kepala Balai Konsevasi Sumber Daya Alam (BKSDA) NTT, Timbul Batubara, membenarkan adanya peristiwa kebakaran kawasan cagar alam tersebut.

"Yah betul, ada kebakaran di Cagar Alam Wae Wuul di Manggari Barat. Saat ini masih dilakukan upaya pemadaman di lapangan dengan ekstra waspada," kata Timbul.

Timbul mengatakan informasi mengenai peristiwa kebakaran Cagar Alam Wae Wuul ini diperolehnya sekitar pukul 22.00 WITA. Berdasarkan informasi dari lapangan, kata dia, disampaikan bahwa titik api yang muncul berada di wilayah Wingkol bagian barat kawasan cagar alam. (aud/imk)