Kebakaran Wae Wuul NTT, Polisi: Tak Ada Wisatawan Terjebak

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 00:43 WIB
Ilustrasi fokus (bukan buat insert) Gili Lawa Kebakaran (Fuad Hasim/detikcom)
Foto: Ilustrasi kebakaran (Fuad Hasim/detikcom)
Manggarai Barat -

Kebakaran terjadi di kawasan Cagar Alam Wae Wuul di Desa Macan Tanggar, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) terbakar pada Kamis malam. Polisi memastikan tak ada wisatawan yang terjebak ataupun dievakuasi dalam kebakaran tersebut.

"Tidak ada (wisatawan terjebak), orang beda gunung kok," kata Kapolres Manggarai Barat, AKBP Bambang Hari Wibowo saat dihubungi, Kamis (13/8/2020).

"Nggak ada (juga wisatawan dievakuasi). Ini saya sudah di depan resortnya persis," tambahnya.

Di dekat kawasan Cagar Alam Wae Wuul memang terdapat sebuah penginapan yang biasa dikunjungi oleh wisatawan dan penyelam. Tetapi, Bambang memastikan titik kebakaran dengan penginapan tersebut jauh yang berada di sebelah bukit.

"Namun, dipastikan kondisi resort dengan titik api jauh. Karena saya sudah di lokasi," ucapnya.

Lebih lanjut Bambang mengatakan kebakaran berangsur padam. Titik api semakin berkurang di lokasi.

"Untuk kondisi saat ini titik api sudah hampir padam, ada 4 titik api namun sudah kecil," imbuhnya.

Sebelumnya, peristiwa kebakaran terjadi di kawasan Cagar Alam Wae Wuul di Desa Macan Tanggar, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT pada Kamis (13/8) malam. Kepala Balai Konsevasi Sumber Daya Alam (BKSDA) NTT, Timbul Batubara, membenarkan adanya peristiwa kebakaran kawasan cagar alam tersebut.

"Yah betul, ada kebakaran di Cagar Alam Wae Wuul di Manggari Barat. Saat ini masih dilakukan upaya pemadaman di lapangan dengan ekstra waspada," kata Timbul, seperti dilansir Antara, Kamis (13/8).

(rfs/imk)