Anggota DPR F-NasDem Taufik Basari Tes Corona Lagi Usai Dinyatakan Positif

Mochamad Zhacky - detikNews
Kamis, 13 Agu 2020 21:00 WIB
Taufik Basari
Taufik Basari (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Anggota DPR RI dari Fraksi NasDem Taufik Basari terkonfirmasi positif virus Corona. Basari menjalani tes lagi usai dinyatakan positif.

"Tadi sudah tes lagi untuk memastikan, tinggal menunggu hasilnya. Kalau CT scan toraks, menurut dokter, hasilnya baik, tidak ada apa-apa. Tapi setiap orang akan berbeda-beda," kata Basari kepada wartawan, Kamis (13/8/2020).

Padahal, Basari mengaku taat menerapkan protokol kesehatan pencegahan Corona. Karena itu, anggota Komisi III DPR itu mengimbau masyarakat tidak meremehkan Corona.

"Selama ini saya juga cukup ketat jalankan protokol kesehatan, jaga jarak, pakai masker, cuci tangan atau gunakan hand sanitizer secara rutin. Karena itu, saya mengimbau agar kita semua selalu waspada dan jangan remehkan wabah ini," imbau Basari.

Basari mengatakan tidak mengalami gejala Corona. Dia juga rutin mengikuti tes yang diselenggarakan Fraksi NasDem, termasuk pemeriksaan pada 11 Agustus.

"Nggak ada gejala sama sekali. Saya rutin jalani swab, sudah 5 kali saya swab/PCR. Yang kelima ini tanggal 11 hasilnya positif. Sebelumnya tes tanggal 3 Agustus hasilnya negatif. Fraksi NasDem juga rutin untuk melakukan rapid test dan sudah ada imbauan agar seluruh anggota Fraksi NasDem sampai tingkat kabupaten/kota lakukan swab," papar Basari.

Sebelumnya, Ketua DPP Bidang Hukum dan HAM NasDem Taufik Basari dinyatakan positif Corona berdasarkan hasil tes pada 11 Agustus. Basari sempat menghadiri rapat Badan Legislasi (Baleg) DPR yang digelar di kompleks parlemen, Jakarta, kemarin secara fisik.

"Pak Tobas (Taufik Basari) sendiri yang menyampaikan di grup hasil PCR-nya, karena kemarin ada rapat Baleg, Tobas hadir," kata Wakil Ketua Baleg DPR Achmad Baidowi kepada wartawan, Kamis (13/8).

(zak/imk)