Elite NasDem Taufik Basari Positif Corona

Mochamad Zhacky - detikNews
Kamis, 13 Agu 2020 19:56 WIB
Taufik Basari
Foto: Taufik Basari (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Hasil swab test Ketua DPP Bidang Hukum dan HAM DPP Partai NasDem, Taufik Basari positif virus Corona. Kini, Taufik sedang menjalani isolasi mandiri.

"Oh, kan begini, orang swab-nya positif belum tentu Corona. Tesnya dia (Basari, red) kemarin memang positif, terindikasi positif, Terus kemudian lagi isolasi mandiri," kata Waketum NasDem Ahmad Ali saat dimintai konfirmasi detikcom, Kamis (13/8/2020). Ali menjawab pertanyaan, apakah benar Taufik Basari positif Corona.

Ali menjelaskan Basari menjalani swab test berkaitan dengan sidang tahunan MPR-DPR yang akan digelar esok hari. Menurutnya, Basari merupakan anggota DPR yang akan menghadiri sidang tahunan.

"Besok kan sidang (tahunan), dia (Basari) salah satu yang akan hadir secara fisik," terang Ali.

Ali memastikan Fraksi NasDem telah melakukan serangkaian kegiatan untuk mencegah penularan. Salah satu yang dilakukan melakukan disinfeksi ruang kerja Basari di kompleks MPR/DPR.

"Pertama kan kita sudah kenal sifat Corona ini kan paling tidak 7 bulan, sehingga kemudian ini tidak bsia membuat kita panik, menjalankan protokol kesehatan, menyemprotkan disinfektan ruangannya, mencari, tracing kontaknya. Itu yang dilakukan fraksi," papar Ali.

Saat dihubungi terpisah, Taufik Basari membenarkan bahwa dia positif Corona. Basari mengaku positif Corona berdasarkan hasil pemeriksaan tanggal 11 Agustus beberapa hari lalu.

"Nggak ada gejala sama sekali. Saya rutin jalani swab, sudah 5 kali saya swab/PCR. Yang kelima ini tanggal 11 hasilnya positif. Sebelumnya tes tanggal 3 Agustus hasilnya negatif. Fraksi NasDem juga rutin untuk melakukan rapid test dan sudah ada imbauan agar seluruh anggota Fraksi NasDem sampai tingkat kabupaten/kota lakukan swab," papar Basari kepada detikcom, terpisah.

(zak/imk)